Saturday, June 2, 2012

35 Siswa SMP di Kota Ambon tak Lulus UN



Ambon - Dipastikan hari ini, Sabtu (2/6), pengumuman Ujian Nasiona (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan SMP Luar Biasa (SMPLB) akan di umumkan. Pengumuman hasil UN tingkat SMP/MTs/SMPLB di Kota Ambon ini akan dilakukan melalui PT. Pos Indonesia Cabang Ambon.

 “Tingkat kelulusan di Kota Ambon mencapai 99,40 persen, di mana dari 5.868 siswa yang ikut UN, se­banyak 5.833 siswa (99,40 persen) yang dinyatakan lulus dan 35 siswa (0,60 persen) dinyatakan tidak lulus,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kainama kepada wartawan di SMPN 4 usai menyerahkan hasil UN kepada para kepala SMP se-Kota Ambon, Jumat (1/6).

 Diakuinya, dari hasil kelulusan yang diperoleh tahun ajaran 2011/2012, Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) sangat puas dengan hasil kelulusan tersebut. Kendati hasil ujian tahun  ini tidak berbeda jauh dengan hasil UN tahun lalu.

 “Kita merasa puas karena tahun pelaksanaan ujian berlangsung objekif, jujur dan berkualitas dan ini patut kita apresiasi karena merupakan dorongan dari Pak Walikota agar ujian tetap berlangsung jujur, dan objektif,” ujar Kainama.

 Selain kuantitas kelulusan, kata Kainama, nilai tambah yang diperoleh Kota Ambon dalam UN tahun ini, yakni adanya peningkatan kualitas lulusan, di mana ada siswa yang mendapat prestasi dengan mem­peroleh nilai tertinggi.

 Pada kesempatan itu juga, Kainama mengungkapkan, tahun ini tidak dibuka ujian susulan dan bagi siswa yang belum berhasil dalam UN, akan mengikuti ujian paket baik paket A, B dan C dan bagi yang tidak ikut ujian paket, maka harus mengulang guna mengikuti UN di tahun 2013.

 “Kali ini tidak ada ujian susulan, bagi siswa yang belum berhasil, kita jadikan ijni sebagai pengalaman berharga untuk ke depan, lebih giat lagi belajar guna menggapai hasil yang lebih baik,” tandasnya.

 Dikatakan, untuk mengantisipasi adanya kesalahan dalam distribusi hasil UN oleh PT. Pos Indonesia, maka pihaknya telah meminta kepada para kepala sekolah untuk menyerahkan alamat siswa secara baik dan benar, sehingga kejadian yang terjadi saat distribusi hasil UN tingkat SMA/MA beberapa waktu lalu tidak lagi terulang. “Untuk siswa yang tinggal di daerah-daerah pegunungan yang sulit dijangkau, maka pihaknya meminta agar para siswa berkumpul pada salah satu rumah yang mudah dijangkau sehingga memudahkan pegawai PT. Pos memberikan hasil UN,” pintanya.

 Di tempat yang sama, Kepala Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Ambon, Daniel Uneputty kepada wartawan mengaku, pihaknya akan berbenah dalam memberikan pelayanan terbaik dalam distribusi hasil UN kepada para siswa SMP di Kota Ambon.

 “Untuk memperlancar proses distribusi hasil UN mengingat saat ini musim hujan, maka pegawainya akan dilengkapi dengan mantel sehingga saat hujan deras pun tidak menjadi hambatan dalam pendistri­busian hasil UN bagi para siswa tingkat SMP,” ujarnya. (S-26)

No comments:

Post a Comment