Saturday, June 9, 2012

Maluku Expo Jadi Ajang Promosi Hasil Pembangunan


Ambon - Pameran Maluku Expo 2012 yang dipusatkan di Lapangan Galunggung, Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau, Ambon, harus menjadi ajang promosi untuk menampilkan program dan hasil-hasil pembangunan terutama di bidang agama, pendidikan, sosial budaya serta pariwisata di daerah Maluku.

Hal ini ditegaskan oleh istri Menteri Agama (Menag), Indah Ayu Suryadharma Ali saat membuka Pameran Maluku Expo 2012, Kamis (7/6).


Menurutnya, Pameran Maluku Expo 2012 yang berlangsung 7-13 Juni ini, selain menjadi media promosi, juga bisa menumbuhkan kecintaan  dan kebangaan anak bangsa terhadap produk dalam negeri.

Pameran Maluku Expo yang merupakan salah satu rangkaian dari  kegiatan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXIV/2012, ini memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. “Kegiatan ini tidak hanya menjadi kegiatan rutin semata akan tetapi harus ditingkatkan dalam cakupan dan jenis kegiatan yang bermanfaat bagi pelaksanaan MTQ,” ungkapnya.

Tak hanya itu, katanya, melalui kegiatan pameran ini juga terjalin Ta ‘aruf (saling mengenal) dan silatu­rahmi antara para kafilah peserta MTQ seluruh Indonesia dan pengunjung, sehingga disela-sela kegiatan MTQ yang padat bisa saling bertemu untuk mempererat persaudaraan di arena pameran serta membawa ole-ole dari Maluku. “Saya mengajak agar memanfaatkan pameran ini untuk mendapatkan berbagai informasi tentang pembangunan di kepulauan Maluku. Dan pameran di arena MTQ ini juga berperan sebagai media yang diharapkan dapat menggugah generasi muda untuk menghargai, mencintai warisan kebudayaan Islam di kepulauan Maluku,” ungkapnya.

Sementara itu, Wagub Maluku, Said Assagaff  mengatakan,  Pameran Maluku Expo 2012 sangat diminati dan mendapatkan respon positif kalangan dunia usaha baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Ini dapat dibuktikan dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi. Saya berharap di waktu-waktu yang akan datang perkembangan industri kreatif di Provinsi Maluku akan semakin maju dan berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Pameran Maluku Expo ini menampilkan 187 stand yang terdiri dari 17 stand Kementerian/Instansi Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, 34 stand dari LPTQ se-Indonesia, 26 stand dari provinsi kabupaten/kota se-Indonesia, 17 stand dari pemerintah kabupaten/kota se-Maluku, 23 stand dari dinas/badan/biro se-Pro­vinsi Maluku, 29 stand dari BUMN/BUMD, 10 stand dari lembaga/instansi pemerintah serta 23 stand dari lembaga swasta nasional dan UKM.

No comments:

Post a Comment