Sunday, June 10, 2012

Sukses MTQ Jadi Cerminan Kerukunan Umat Beragama

Pengibaran Bendera LPTQ
Ambon - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan kesuksesan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXIV/2012, yang berlangsung di Ambon akan menjadi cerminan kerukunan antar umat beragama di Provinsi Maluku ini.

“Suksesnya MTQ akan menjadi cerminan kerukunan antar umat beragama di provinsi seribu pulau ini dan saya inginkan agar hal ini menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia,” tandas Menag dalam sambutannya saat pembukaan MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012, di Lapangan Merdeka, Jumat (8/6).

Menurutnya, MTQ bukan saja digelar untuk meraih juara namun lebih jauh dapat menjadi wahana dalam rangka pendidikan bagi generasi muda agar semakin dekat dan memaknai ayat-ayat suci Al-Quran.

“MTQ adalah kegiatan yang mengandung muatan dakwah dan sportifitas dalam melaksanakannya nilai-nilai suci Al-Quran sehingga event ini jangan hanya menjadi rutinitas semata namun bisa memberikan makna tersendiri dalam kehidupan beragama,” ungkapnya.

Dengan terselenggaranya MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012 ini, kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah memberikan peran dan partisiapsi dalam mendukung pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012, yang berlangsung di Kota Ambon ini baik itu dari unsur pemerintah, TNI/Polri, tokoh masyarakat maupun semua komunitas umat beragama yang ada di Provinsi Maluku dan Kota Ambon khususnya.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Maluku dan Walikota Ambon yang telah memberikan dukungan mereka semaksimal mungkin dalam suksesnya event ini,” katanya.

Ia berharap agar MTQ yang berlangsung di Kota Ambon ini dapat memperkokoh tali persaudaraan dan semangat kebersamaan di tengah-tengah masyarakat dalam kibaran panji-panji Bhineka Tunggal Ika dan dalam kesatuan bingkai NKRI.

“Melalui MTQ yang mendapatkan dukungan dari semua umat beragama di Ambon dalam bentuk dukungan partisipasinya, kami berharap dapat mempekuat nilai kehidupan beragama kita sehingga saling memahami, saling toleransi, menghargai tanpa mengganggu keyakinan dalam beragama dan kemerdekaan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing,” ungkapnya.

Sebelumnya Gubernur Maluku KA Ralahalu dalam laporannya mengatakan, MTQ Nasional XXIV ini merupakan salah satu event untuk membuktikan kemampuan dan kematangan masyarakat Maluku dalam menata salah satu aspek kemajemukan antar kehidupan umat beragama.

“Kami percaya kehadiran Presiden SBY dan para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta pejabat negara lainnya di acara ini merupakan bukti kesungguhan kita mengkreasikan kemajemukan agama-agama dengan gagasan dan nilai-nilai yang baru. Kami pun percaya bahwa semua kafilah yang datang berlomba dalam ajang MTQ ini memiliki semangat dan keyakinan yang sama, sebab agama-agama di Indonesia harus menjadi kekuatan integrasi nasional,” katanya.

Ralahalu juga melaporkan jika saat ini telah hadir 33 kafilah dari 33 provinsi berjumlah 1.980 orang, para undangan sekitar 1.200 orang, pendukung acara sejumlah 1.500 orang, dewan hakim, panitia pusat dan panitia daerah, para penggembira, sehingga total seluruhnya berjumlah kurang lebih 5.000-an orang.

Sementara partisipan pendukung acara upacara Pembukaan MTQ Nasional XXIV/2012 ini terdiri paduan suara gabungan PKK Provinsi Maluku dan Dharma Wanita Provinsi Maluku, paduan suara Universitas Pattimura, Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAKPN) Ambon serta Maluku Chamber Choral, Band The Sagoe’s pimpinan Frengky Mewar, Group Shalawat massal SMA dan SMK Muhammadiyah, Madrasah Aliyah Negeri 1 Ambon, Madrasah Aliyah Al-Fatah dan SMK Negeri 7 Ambon, Molucca Bamboowind Orchestra yang dikoordinir Rence Alfons, tari kolosal oleh gabungan dari siswa SMA Negeri 11 dan 13 Ambon, Pemuda Negeri Latuhalat, Waimahu, Pemuda Batumerah dengan koreografer Retno Hendarti/Peea dan Billy Sahertian serta Drum Band Gita Abdi Praja dari IPDN Jatinangor. (S-16) 

Sumber : http://siwalimanews.com


No comments:

Post a Comment