Saturday, June 9, 2012

Warga Kecewa Tidak Dapat Menyaksikan Pembukaan MTQ Lewat Layar Lebar


Suasana di seputaran AY Patty saat acara pembukaan MTQ
Ambon: Masyarakat Kota Ambon dibuat kecewa dengan jalannya pembukaan MTQ Nasional ke
XXIV yang berlangsung di lapangan merdeka, Jumat, malam. Pasalnya layar televisi yang sudah disediakan panitia kepada masyarakat yang ada di depan Monumen Gong Perdamaian, dekat lokasi pembukaan MTQ itu tidak berfungsi.


“ Saya jauh-jauh dari Seram Bagian Timur datang menyaksikan langsung acara pembukaan MTQ ini namun tidak dipersilahkan masuk menonton dari dekat. Bolehlah dimaklumi karena petugas cukup hati-hati dalam melakukan pengaman. Namun kami sangat kecewa karena layar televisi yang disediakan kepada masyarakat itu juga tidak berfungsi sehingga kami tidak bisa menonton acara pembukaan itu. Saya sangat kecewa,” ungkap Fijri kepada Udin dari Moluken.com, Jumat malam.

Untuk diketahui, saat pembukaan MTQ Nasional ke XXIV itu, pengamanan dilakukan ekstra ketat dan masyarakat dicegat petugas untuk mendekat ke lokasi pembukaan MTQ yang pembukaannya dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhuyono itu. Tindakan aparat itu guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

Kekecewaan serupa juga mungkin dialami oleh sebagian besar warga kota Ambon yang mengikuti acara pembukaan MTQ Nasional ke-XXIV lewat layar tv.  Mengingat acara siaran langsung yang diliput oleh TVRI stasiun Maluku yang bekerja sama dengan TVRI Nasional juga hanya menyiarkan acara intinya saja.  Sedangkan acara tarian kolosal yang dilakukan oleh siswa-siswi dari 2 SMA di kota Ambon tidak diliput secara live.

Tarian kolosal yang menggambarkan kegotong royongan masyarakat Maluku dalam membangun rumah ibadah (masjid) yang dibantu oleh semua elemen termasuk golongan yang berbeda agama ini.  Seharusnya diliput secara live dan dipertontonkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Karena merupakan aset budaya Maluku yang merupakan bagian dari kearifan lokal masyarakat Maluku.

Untungnya Moluca tv, sebagai satu-satunya tv lokal di kota Ambon.  Turut  menyiarkan acara pembukaan MTQ Nasional ke-XXIV sampai dengan presiden SBY meninggalkan podium kehormatan.  Walaupun dengan kualitas gambar yang pas-pasan dan wilayah cakupan siaran yang sangat terbatas. Tetapi setidaknya dapat menghibur dan mengobati rasa penasaran sebagian warga kota Ambon, yang tidak dapat menyaksikan secara langsung ke lokasi acara pembukaan dikarenakan penjagaan yang ekstra ketat.

Sumber : http://www.moluken.com telah mengalami proses pengeditan dan penambahan berita oleh penerbit.

No comments:

Post a Comment