Monday, May 7, 2012

Kartu Pos yang Dikirim Hitler Ditemukan

LONDON - Sebuah kartu pos yang dikirim Adolf Hitler ketika menjadi tentara di Perang Dunia I ditemukan di Munich, Jerman. Hitler mengirimkan kartu pos itu pada 1916 ketika dirawat di sebuah rumah sakit di Munich, Jerman akibat terluka dalam sebuah pertempuran. 
Kartu pos bersejarah itu ditemukan orang-orang yang terlibat dalam proyek penelitian sejarah Eropa. Ketika dipastikan penulis kartu pos itu adalah Adolf Hitler, para pihak yang terlibat dalam penelitian ini merasa takjub.

"Saya rasanya sulit mempercayai bahwa isi kartu pos yang merekam kegiatan manusia pada umumnya, ternyata ditulis oleh Adolf Hitler," kata Stuart Lee, salah-satu ahli dari Universitas Oxford, Inggris, yang dlibatkan dalam proyek ini.

Lebih lanjut Stuart menggambarkan perasaannya ketika kali pertama menyentuh kartu pos tersebut: "Saya menyentuh barang yang dulu juga disentuh Hitler".

Proyek penelitian yang melibatkan ahli sejarah ini secara khusus mendalami periode sejarah Eropa pada rentang 1914-1918.

Hitler mengirim kartu pos itu kepada rekannya yang juga serdadu Jerman, yaitu Karl Lanzhammer. Ketika menuliskan surat tersebut, Hitler masih dirawat di sebuah rumah sakit di Munich akibat terluka. Saat itu Hitler masih berusia 27 tahun.

Ahli sejarah Adolf Hitler selama periode Perang Dunia I, Dr Thomas Weber, mengatakan, kemungkinan Hitler juga mengirim kartu pos seperti itu kepada rekan-rekannya terutama dalam kesatuan yang sama, namun berada di medan pertempuran yang berbeda.

Menurutnya, berkabar melalui kartu pos saat berada di medan pertempuran juga lazim dilakukan saat itu, terutama dikirim untuk keluarganya di kampung halamannya. "Mereka rutin berkabar kepada keluarganya," kata Thomas Weber. (BBC/OL-04)


No comments:

Post a Comment