Wednesday, May 30, 2012

Kuota Jalur Undangan Tidak Terpenuhi



                                                                                      Kompas/Raditya Helabumi
Tumpukan formulir seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN)
Jakarta - Kuota seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri untuk jalur undangan sebanyak 58.329 mahasiswa tidak terpenuhi. Dari 236.811 pendaftar tahun ini, jalur undangan hanya memperoleh 53.401 mahasiswa baru yang diterima di 61 perguruan tinggi negeri penyelenggara.

Tidak tercapainya kuota itu, antara lain, karena tidak semua perguruan tinggi negeri memperoleh peminat yang memenuhi standar nilai.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Rochmat Wahab Sabtu (26/5), di Jakarta. Ia didampingi Ketua Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SNMPTN Triyogi Yuwono (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan Wakil Ketua Pokja Yoni Koesmaryono (Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor).

”Setiap PTN mempunyai standar nilai tertentu, jadi tidak semua terpenuhi kuotanya. Meski begitu, dibandingkan dengan tahun lalu, pendaftarnya meningkat 9 persen,” kata Rochmat.

Dari 53.401 mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan, 15.313 orang di antaranya penerima beasiswa Bidik Misi. Meski jumlah penerima tahun ini naik sekitar 7 persen dibandingkan dengan tahun lalu, tetap tidak memenuhi kuota yang ditetapkan, yakni 40.000 penerima. Sisanya, sekitar 25.000 orang, akan dicari dari jalur ujian tulis atau jalur mandiri. Sejak tahun 2010 total jumlah alokasi Bidik Misi mencapai 90.000 beasiswa.

Verifikasi data

Triyogi Yuwono menambahkan, pada 12-13 Juni setiap PTN harus melakukan verifikasi data terkait status tidak mampu secara ekonomi calon mahasiswa. ”Jika perlu, akan dilakukan kunjungan agar tidak salah sasaran. Tergantung kebijakan PTN masing-masing,” ujarnya.

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi harus segera mendaftar ulang di PTN penerima pada 12-13 Juni 2012. Pengumuman penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN jalur undangan tahun 2012 dimajukan secara online pada Sabtu (26/5) pukul 17.00 WIB atau Minggu (27/5) pagi di media cetak.

Dalam jadwal sebelumnya, pengumuman jalur undangan dilakukan pada Senin (28/5). Pengumuman dimajukan karena proses seleksi telah selesai dan secara umum berjalan lancar tanpa kendala berarti.

Pengumuman bisa diakses melalui http://www.snmptn.ac.id dan http://www.its.ac.id. (LUK)

No comments:

Post a Comment