Sunday, May 20, 2012

Subak Diakui sebagai Warisan Dunia

                                                                Foto : ANTARA/Nyoman Budhiana/wt
JAKARTA- Badan Pendidikan, Sains, dan Budaya PBB (UNESCO) akhirnya mengakui Subak dari Bali sebagai warisan budaya dunia. Pengakuan ini berada dalam genggaman tangan setelah Indonesia berjuang selama 12 tahun.
"Satu lagi kabar gembira bagi bangsa Indonesia, akirnya Bali Culture Landscape (Budaya Subak Bali) sebagai cermin Tri Hita Karana baru saja disetujui untuk ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO," tulis Wakil Menteri Kebudayaan Windu Nuryanti, dalam pesan singkatnya, Jakarta, Minggu (20/5). 

Menurut dia, sidang pertama berlangsung di St Pittrsbug, Rusia, Juni 2000 silam. Ini merupakan salah satu sejarah terpanjang proses pengakuan budaya di Indonesia.

Untuk diketahui, subak adalah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah yang digunakan dalam cocok tanam padi di Bali.

Seperti yang dilansir Wikipedia, subak ini biasanya memiliki pura yang dinamakan Pura Uluncarik atau Pura Bedugul. Pura tersebut khusus dibangun oleh para petani dan diperuntukkan bagi dewi kemakmuran dan kesuburan dewi Sri. (Bob/OL-10)

Sumber : http://mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment