Wednesday, May 23, 2012

Berbeda dengan KCI, Quick Count INDEX Menangkan TULUS

Abua Tuasikal
Ambon : Hasil Quick Count lembaga survey INDEX dalam Pilkada Maluku Tengah, putaran kedua yang diselenggarakan hari ini, telah menempatkan pasangan Tuasikal Abua-Marlatu Leleury (TULUS) memperoleh suara 51 , 54 %. Sedangkan pasangan Yusuf Latuconsina-Liliane Aitonang (INA AMA) memperoleh suara 48, 46 %. Demikian bunyi rilis yang diterima redaksi molukencom, pukul 21.00 Wit, Rabu (23/05), malam, yang ditandatangani oleh Direktur Eksekutif INDEX, Andy Agung Prihatna.


Menurut Prihatna, hitung cepat ini berdasarkan data hasil pemilihan di 97% TPS dari 300 TPS yang menjadi sampel. TPS yang menjadi sampel mencakup seluruh kecamatan di Maluku Tengah. Jumlah TPS sampel yang menjadi dasar diprediksikan tidak akan berubah signifikan hingga seluruh TPS sampel masuk.

Dengan jumlah sampel sebanyak 300 dengan margin of error + 1%. Mengacu pada angka margin of error ini ada perbedaan yang signifikan antara dukungan pasangan TULUS dan INA-AMA. Batas bawah prediksi untuk TULUS adalah 50,42% sementara batas atas untuk dukungan INA-AMA 49,58%. Karena batas bawah angka prediksi TULUS tidak bersentuhan dengan batas atas pasangan INA-AMA maka hasil hitung cepat ini secara statistik dapat menyimpulkan, bahwa pasangan TULUS diprediksi memenangkan Pilkada Maluku Tengah.

Hasil hitung cepat ini tidak secara eksak menentukan berapa tepatnya kemenangan pasangan TULUS, tapi melihat dari tren data yang ada, menunjukkan kepastian bahwa dukungan TULUS lebih tinggi dari INA-AMA.Secara empirik, saat data dari TPS mulai berjalan sekitar 30% tren dukungan TULUS tidak pernah menyentuh persentase di bawah 50 persen. Dengan kecenderungan ini maka dipastikan suara TULUS berada di atas 50 persen.

Menurut Prihatna dalam rilisnya itu menyebutkan, hasil hitung cepat menunjukkan TULUS unggul terutama di Salahutu, Leihitu, Amahai, Banda, Seram Utara Barat, Seram Utara Kobi dan Seram Utara Seti. Sementara INA-AMA cenderung memenangkan pemilihan di TNS, Elpaputih, Seram Utara dan Masohi. (Bil)

Sumber : http://www.moluken.com

No comments:

Post a Comment