Thursday, May 24, 2012

Biaya Kuliah STAIN Dipastikan Tak Naik

TERNATE - Pihak Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ternate memastikan tidak ada kenaikan biaya kuliah pada tahun ajaran baru. Keputusan STAIN ini sekaligus menindaklanjuti edaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) yang melarang pihak Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) atau STAIN se-Indonesia menaikan secara sepihak biaya kuliah pada tahun ajaran baru. 

Kepastian tidak dinaikkannya biaya kuliah di STAIN Ternate ini disampaikan langsung Ketua STAIN Abd Rahman Marasabessy kepada Malut Post (JPNN Group). “Kebijakan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag itu, wajib untuk diikuti. Karena itu, sampai saat ini STAIN Ternate tidak pernah menaikkan biaya SPP. Di mana biaya SPP di STAIN itu, enam Ratus Ribu persemester sebagaimana diatur dalam peraturan menteri agama nomor 19 Tahun 2006 dan perubahan peraturan menteri agama nomor 2 tahun 2009,” jelasnya.

Rahman sendiri ditemui Koran ini sehubungan dengan adanya pernyataan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Nur Syam kemarin yang mewanti-wanti pihak PTAIN) tidak menaikkan biaya kuliah mahasiswa pada tahun ajaran baru.

Lebih jauh, Rahman juga mengatakan pelaksanaan tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) di STAIN Ternate tetap berdasarkan peraturan kemenag. ”Di mana kampus kami ini sedang dialihkan statusnya dari STAIN ke IAIN (Institut Agama Islam Negeri), di mana salah satunya persyaratannya membutuhkan jumlah mahasiswa sebanyak 3 Ribu sampai 4 Ribu mahasiswa,” tambahnya.

Jumlah mahasiswa STAIN sendiri saat ini tercatat sebanyak 1.416. ”Dari jumlah itu memang sudah memenuhi syarat pengalihan. Tetapi masih dijanjikan dan menunggu keputusan presiden. Karena itu, internal kami mendoakan supaya dalam waktu yang tidak terlalu lama, dapat dialihkan statusnya dari STAIN ke IAIN,” ujar Rahman (mg-05/fai)


No comments:

Post a Comment