Thursday, May 24, 2012

Tatuhey: Kita Harus Bersabar Menuggu Hasil Akhir dari KPU

Drs. Idrus Tatuhey, MS
Ketua KPUD Maluku
Ambon: Menyimak hasil quick count sejumlah lembaga survey Pilkada Maluku Tengah kian membingungkan masyarakat. Quick count KCI memenangkan INA AMA dengan presentase 50,13% sedangkan quick count INDEX memenangkan TULUS dengan presentase 51,54 %.

Menanggapi kedua hasil quick count di dua lembaga survey yang berbeda itu, Ketua KPU Maluku, Drs.Idrus Yusuf Tatuhey, MS, mengatakan, masyarakat supaya tidak terpancing dengan hasil perhitungan cepat lembaga-lembaga survey itu. Kita hanya berpedoman kepada hasil dari KPU Maluku Tengah yang sudah diamanatkan oleh undang-undang,” ungkap Tatuhey saat dihubungi molukencom via ponselnya, Kamis (23/05),pagi.

Lanjut Tatuhey, masyarakat boleh saja mengikuti hasil perhitungan cepat lembaga survey itu, namun harus dengan kepala dingin karena ini hanya bagian dari dinamika politik. Dirinya juga berharap supaya semua orang harus mengawal proses ini hingga selesai agar hasil akhir yang diperoleh pun bisa berkualitas dan memuaskan semua pihak.

“ KPU belum bisa katakan apa-apa terkait perolehan suara ini. KPU telah memiliki jadwal tahapan dalam merekap hasil pilkada tersebut. Yakni pada tanggal 24 dan 25 Mei diadakan rekapitulasi di tingkat PPS. Tanggal 26 sampai 28 Mei rekapitulasi di tingkat PPK dan tanggal 29-31 rekapitulasi di lakukan di tingkat KPU, sekaligus dilakukan penetapan hasil pemenang dalam pemungutan suara tahap kedua itu. Jadi saya harap masyarakat tunggu saja hasil pengunguman resmi dari KPUitu,” kataTatuhey.

Tatuhey mengatakan, dalam menjalankan tugasnya KPU sangat berlaku adil dan jujur tanpa membeda-bedakan siapa pun dia. Untuk itu saat pengunguman hasil pemenang oleh KPU Maluku Tengah nanti, kedua pasangan kandidat dan tim suksesnya harus bebesar hati untuk menerima hasil yang akan diumumkan oleh KPU Malteng itu. (Qin)


No comments:

Post a Comment