Tuesday, May 29, 2012

Jajanan Jadul Makassar Raih Rekor Muri


                                                                                          Foto : MI/Lina Herlina/vg
BURONCONG atau di daerah lain disebut kue pancong merupakan salah satu penganan khas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kue ini biasanya lebih nikmat dihidangkan saat bersantai dipagi atau pun sore hari dan disantap bersama teh manis atau kopi.

Di Kota Makassar, penjual buroncong menjajakan kue dengan menggunakan gerobak. Sayangnya panganan ini sudah tidak ramai lagi dijajakan seperti dulu.


Kue Buroncong terbuat dari adonan tepung terigu, dicampur parutan kelapa muda yang dibuang kulit kasarnya, gula pasir, soda kue dan sedikit garam. Semua bahan disatukan dalam satu adonan diaduk hingga rata dengan air. Adonannya biasanya agak encer. Adonan tersebut kemudian dimasukkan delam cetakan buroncong yang telah diolesi dengan minyak kelapa atau mentega agar tidak lengket saat diangkat menggunakan gancu setelah matang usai dimasak di atas bara api.

Minggu (27/5) pagi, sebuah buroncong raksasa dengan panjang 117 cm, tebal 12 cm, lebar 53 cm dan tinggi 13 cm berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Untuk membuat buroncong raksasa tersebut, adonannya menghabiskan 20 kg tepung terigu, 20 butir kelapa, 9 kg gula pasir dan 2 galon air dan garam 1 genggam dengan proses masak memakan waktu selama 7 jam.

Panitia yang bekerja sama antara PT Eastern Pearl Flour mill dan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik, Universitas negeri Makassar, ternyata mulai mencampur adonan sejak Sabtu (26/5) dan mulai memanggangnya sejak pukul 5 sore hari yang sama. Untuk pembakarannya pun pihak UNM telah merancang kompor khusus yang difasilitasi oleh PT EPFM.

"Proses pembakarannya pun tetap menggunakan arang, untuk mempertahankan aroma dr kue ini. Karena kuenya tebal dan besar, suhu pembakaran pun terus diupayakan 300 derajat celcius," kata Kasdi Kadir, Dosen UNM.

Menurut Industrial Relationship PT Eastern Pearl Muammar Muhayyang, pemecahan rekor Muri ini tidak lain adalah untuk merayakan kiprah PT Eastern Pearl Flour Mils ke 40 tahun. "Dan yang terpenting adalah bagaimana mengangkat ikon kuliner tradisonal Buroncong sebagi sprit local," pungkasnya.(*/X-13)

Sumber : http://mediaindonesia.com

1 comment:

  1. Hebat,..
    Buroncong Raksasa,.... bisa mendapatkan Rekor Muri,....
    Harus direncanakan lagi membuat Buroncong yang super raksasa dan dibagikan kepada fakir miskin diusulkan untuk mendapatkan rekor muri untuk Buroncong dapat dibagikan kepada Fakir miskin terbanyak di Dunia,....

    ReplyDelete