Wednesday, May 30, 2012

Indiana University Jajaki Kerja Sama di Indonesia

Kompas/Ester Lince Napitupulu
Presiden Indiana University menyerahkan penghargaan kepada alumnus,
Prof Dr HAR Tilaar.
JAKARTA - Perguruan tinggi Amerika Serikat (AS) melirik Indonesia untuk menjalin kerja sama bidang pendidikan. Pentingnya terpaan internasional pada mahasiswa dan dosen membuat kerja sama pendidikan lintas negara semakin berkembang.

Salah satu perguruan tinggi AS yang melirik Indonesia adalah Indiana University. Kunjungan Presiden Indiana University Michael McRobbie ke Indonesia hingga Kamis (29/5/2012) mencari peluang untuk menjalin kerja sama dengan pendidikan tinggi di Indonesia.

Kerjasama Indiana University terjalin dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Jumat pekan lalu. Kerja sama kedua kampus ini dalam pertukaran pelajar dan dosen.

McRobbie mengatakan, mahasiswa di AS mesti punya peluang untuk belajar di luar negeri. Hal ini akan memberi keuntungan bagi mahasiswa untuk memahami negara-negara lain.

"Rata-rata mahasiswa kami memilih pergi ke Eropa. Kami ingin meningkatkan kesempatan mahasiswa untuk datang ke Asia. Sebab, masa depan dunia ada di Asia, termasuk Indonesia," kata McRobbie.

Indiana University yang merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di AS menjadi incaran mahasiswa dari luar negeri. Mahasiswa internasional berkisar 10 persen dari jumlah total mahasiswa.

Jumlah mahasiswa Indiana University sebanyak 109.000 orang dengan 8.680 dosen di delapan kampus. "Kami juga terus mencari sebanyak mungkin mahasiswa internasional untuk kuliah di Indiana University. Kami datang ke Indonesia untuk bisa menjalin kerja sama untuk pertukaran mahasiswa," kata McRobbie.

Di Indonesia, tercatat 700 alumni Indiana University, baik yang warga negara Indonesia dan warga asing yang bertugas di Indonesia. Pertemuan tahunan dilaksanakan alumni Indiana University untuk mempererat silaturahmi dan mempromosikan pendidikan di sana.

No comments:

Post a Comment