Tuesday, May 29, 2012

Peraih Nilai Unas Tertinggi Bebas Pilih PTN

Peraih nilai tertinggi Unas, Triawati Octavia (tengah) dari SMAN 2 Kuningan,
bersama dua orang tuanya. Foto : Radar Kuningan/JPNN
JAKARTA - Peraih nilai murni ujian nasional (unas) tertinggi Triawati Octavia dari SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat boleh melanjutkan kegirangannya. Sebab pemerintah pusat dan daerah siap membantu biaya kuliahnya. Bahkan, Tria -sapaan akrabnya- bebas memilih masuk PTN di manapun sesuka hatinya.


 Kabar baik ini disampaikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh yang kemarin masih berada di Jerman. "Beasiswa siap kita salurkan bagi siswa SMA/SMK dengan nilai unas tertinggi," katanya. 

Menteri asal Surabaya itu menegaskan, walaupun siswa peraih nilai unas tertinggi berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas, berhak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu ini, diminta tidak putus harapan. "Cita-cita yang dipendam, harus diwujudkan," ujar Nuh.

Andaikata ingin jadi dokter, pemerintah mengupayakan bisa masuk fakultas kedokteran yang diidamkan. Untuk urusan biaya selama kuliah, akan ditanggung renteng antara pemerintah pusat dengan daerah. Bantuan ini menurut Nuh, cukup penting. Sebab dia yakin siswa-siswa yang berprestasi ini kelak berpeluang menjadi pemimpin bangsa.

Nuh juga menuturkan, sebarang siswa dengan nilai unas tinggi masih tersebar di daerah itu-itu saja. Dia mengatakan, dari tahun ke tahun siswa peraih nilai unas tinggi muncul dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. "Perah nilai tertinggi juga tidak jauh-jauh dari daerah-daerah itu," kata dia. (wan)

No comments:

Post a Comment