Monday, May 14, 2012

BMKG Keluarkan Peringatan Dini


Ambon - Akibat cuaca laut memburuk disertai gelombang tinggi di perairan Maluku, maka Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini yang mulai berlaku 13-16 Mei mendatang.

 “Berdasarkan analisa data tanggal 12 Mei pukul 15.00 WIT, kami memperoleh indikasi potensi cuaca dan gelombang laut memburuk dan peringatan dini ini berlaku mulai 13 Mei pukul 09.00 WIT – 16 Mei pukul 09.00 WIT,” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Erasmus Kayadu dalam release-nya yang diterima redaksi Siwalima, Minggu (13/5).

Dijelaskan, gelombang laut memburuk tersebut diperkirakan akan terjadi di Laut Banda, Perairan Kai, serta Perairan Laut Aru dengan tinggi gelombang mencapai 2-3 meter. Sementara tinggi gelombang mencapai 2,5-5,0 meter dan berpeluang terjadi di Perairan Tanimbar, Perairan Maluku Barat Daya (MBD) serta Laut Arafura.

Untuk kecepatan angin dengan kekuatan 0,5-30 km/jam akan bertiup dari arah Timur Luat menuju ke Tenggara dengan peluang hujan dengan intensitas riangan-sedang terjadi di Pulau Ambon, Pulau Seram, Kepulauan Kei, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar dan Kepulauan Kisar.

“Dengan adanya peringatan dini ini kita harapkan agar pihak-pihak terkait selalu berkoordinasi dengan Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon untuk mengetahui perkembangan terbaru dan perkiraan gelom­bang harian di wilayah peraiaran Maluku,” pintanya.

Menurutnya, peringatan dini ini juga pihaknya telah menyampaikan kepada Kepala Administrator Pela­buhan (ADPEL) Maluku, Sekretaris Dearah (Sekda) Provinsi Maluku, serta Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Maluku untuk ditindak lanjuti. “Peringatan dini ini akan diperbaharui sesuai dengan perkembangan keadaan cuaca dan gelombang laut yang terjadi di perairan Maluku,” ujarnya. (S-16)


No comments:

Post a Comment