Monday, May 14, 2012

Kaligrafi Pelapah Pisang Catat Rekor MURI

SMK Negeri 2 Semarang mendapatkan penghargaan dari
Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memecahkan
rekor kaligrafi terbuat dari pelepah pisangterpanjang yakni
720 meter, Sabtu (12/5/2012).
SEMARANG-SMK Negeri 2 Semarang berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas karyanya membuat kaligrafi terbuat dari pelepah pisang dengan panjang 720 meter. Kaligrafi bertuliskan ayat suci Alquran surat Al-Baqarah ayat 1-286 ini dibuat oleh 700 siswa kelas X dan XI. 

Masing-masing siswa membuat kaligrafi di atas papan dengan ukuran satu hingga dua meter dan lebar 40 centimeter. Tulisan arab tersebut menggunakan pelepah pisang, sedangkan alas papannya dihias dengan kulit bawang putih, kulit telur, pasir warna serta sejumlah kreasi lainnya yang tersusun rapi.

Kepala SMK 2 Semarang Supriyanto mengatakan, sekolahnya memang merupakan sekolah yang memiliki komitmen dalam pengelolaan limbah. Salah satunya yakni kegiatan SMK hijau yang memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang berharga.

"Sejak beberapa tahun lalu, SMK 2 memang memilih pengelolaan limbah pelepah pisang. Awalnya dulu karena banyaknya pelepah pisang yang berserakan di belakang sekolah," ujarnya, Sabtu (12/5/2012).

Karena dianggap mengganggu pemandangan, pihak sekolah akhirnya mengubah pelepah pisang menjadi aneka kerajinan yang memiliki nilai ekonomi. "Untuk kali ini dipilih kerajinan kaligrafi. Karya anak-anak ini tidak hanya disimpan saja melainkan juga dijual jika memang ada yang berkenan," katanya.

Persiapan pembuatan kaligrafi ini membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Detail huruf Arab tersebut sangat diperhatikan agar tidak salah dalam menulis, sebab kaligrafi memang kerajinan yang memiliki arti.

Siswa kelas XA Risma Vidya mengatakan pembuatan kaligrafi itu memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Hingga menjadi karya yang bagus juga butuh ketelitian dalam tahap pembuatannya "Membuatnya pas libur siswa kelas XII Ujian Nasional, kalau bahannya tidak sulit, tapi membuatnya memang harus teliti," katanya.

Pada 2010, sekolah ini juga pernah mendapatkan rekor MURI berupa melukis dengan media pelepah pisang terbanyak. Waktu itu peserta mencapai 500 siswa dengan lukisan yang dibuat sebanyak 1040 buah. Kegiatan semacam ini, ungkap Supriyanto, memang sudah dijadikan tradisi agar siswa baru memiliki kepedulian pada lingkungan.


No comments:

Post a Comment