Tuesday, May 8, 2012

Hari ke Dua Pelaksanaan UN, MIN 1 Ambon Masih Kekurangan Soal

Peserta UASBN 2012 MIN 1 Ambon
(foto : min1ambon.blogspot.com)
Ambon -  Kesalahan dalam pendistribusian Lembaran Soal dan Lembaran Jawaban Komputer (LJK) masih saja terjadi dalam pelaksanaan UN tingkat SD/MI dan SDLB tahun ini.  

Setidaknya hal ini dialami Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Ambon. Setelah pada hari pertama, Senin (7 Mei) mengalami kekurangan 6 eksemplar lembaran soal Bahasa Indonesia.  Pada hari kedua (Selasa, 8 Mei) lagi-lagi dijumpai kekurangan 2 eksemplar lembaran soal Matematika. 

Sebenarnya hal ini telah diantisipasi oleh ketua gugus selaku ketua panitia tingkat gugus dan Kepala MIN 1 Ambon, Kusnadi Hi. Umar, S.Ag  dengan melakukan koordinasi sesaat sebelum pelaksanaan ujian hari kedua berlangsung.  Hasilnya, soal cadangan pun dikirimkan untuk mengantisipasi bila terjadi kekurangan soal.  

Namun sayang, soal yang dikirimkan sebanyak 3 eksemplar tak ada satupun soal Matematika. Tetapi ketiga-tiganya soal yang telah diujikan sehari sebelumnya, yakni Bahasa Indonesia.  Akhirnya, berdasarkan koordinasi antara Kepala MIN 1 Ambon dengan ketua gugus.  Kekurangan itu berhasil diatasi  dengan cara menjemput langsung kekurangan tersebut ke gugus.

Untuk diketahui, kesalahan pendistribusian, kesalahan pengetikan dan pengeditan soal mewarnai ujian nasional tingkat SD/MI dan SDLB tahun ini.  Hal ini dijumpai merata hampir di seluruh Indonesia. Diharapkan semoga saja pada pelaksanaan ujian hari terakhir (9 Mei) yang mengujikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), faktor human eror seperti di atas tidak terjadi lagi.  


No comments:

Post a Comment