Monday, May 7, 2012

405 Siswa Ikuti Seleksi Olimpiade SAINS

Ambon - Sebanyak 405 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ambon mengikuti seleksi olimpiade Sains tingkat Kota Ambon tahun 2012. Seleksi yang berlangsung Sabtu (5/5) digelar di dua tempat, yakni SD Teladan Air Salobar untuk siswa SD dan SMP 19 Ambon untuk siswa SMP.


“Tujuan digelarnya seleksi olimpiade di bidang Sains ini adalah untuk menyaring siswa-siswa berbakat dan berpotensi yang memiliki penguasaan Sains secara komprehensif di bidang Ilmu Pegetahuan Alam (IPA) dan Matematika,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kainama kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Sabtu (5/5).

Dijelaskan, jumlah siswa yang ikut seleksi olimpiade sains untuk tingkat SD sebanyak 202 siswa yang berasal dari 200 sekolah dan SMP diikuti 203 siswa dari 54 SMP yang ada di Kota Ambon.

“Kegiatan ini digelar secara rutin tiap tahun, di mana seleksi serentak dilakukan di seluruh Indonesia dan soal-soalnya dikirim langsung dari pusat. Para siswa yang ikut seleksi ini untuk menjadi pengalaman bagi mereka guna selanjutnya mengikuti berbagai kompetisi dalam mengasah kemampuan tentang ilmu pengetahuan yang telah dikuasai dibidang sains sebagai ukuran kualitas siswa,” ujar Kainama.

“Proses seleksi olimpiade Sains tingkat SD dan SMP ini diawasi ketat oleh pengawasan seperti pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Siswa yang lulus seleksi tingkat Kota Ambon selanjutnya akan mewakili Kota Ambon di tingkat Provinsi Maluku,” jelasnya.

Kainama mengungkapkan, dari tahun ke tahun siswa dari Kota Ambon selalu mewakili Maluku di tingkat nasional, karena itu ia berharap tahun 2012 ini, ada perwakilan dari Kota Ambon dapat mewakili Provinsi Maluku di tingkat nasional. (S-26)

Sumber : http://siwalimanews.com

No comments:

Post a Comment