Wednesday, May 2, 2012

7 Mei, 6.224 Siswa SD/MI di Ambon Ikut UASBN


MIN 1 Ambon salah satu Madrasah peserta UASBN 2012
Ambon - Sebanyak 6.224 siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) serta Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Ambon dipastikan akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), Senin (7/5).
Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kainama kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (30/4), mengaku, pelaksanaan UASBN untuk SD/MI semula dijadwalkan digelar pada tanggal 8 Mei, namun Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) memutuskan untuk dimajukan ke tanggal 7 Mei.

“6.224 siswa tersebut tersebar di 202 SD/MI yang ada di Kota Ambon yang terbagi dalam 38 gugus,” ungkapnya.

Ia mengatakan UASBN tingkat SD/MI akan berlangsung selama tiga hari dengan tiga mata pelajaran. “Mata pelajaran yang diuji di hari pertama yaitu Bahasa Indonesia, kemudian keesokan harinya Mate­matika dan selanjutnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di hari ketiga,” katanya.

Untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan, jelas Kainama, maka satu jam sebelum pelaksanaan ujian barulah soal ujian didistribusikan ke sekolah-sekolah di bawah pengawasan ketat.

“Khusus di lokasi sekolah-sekolah yang sangat sulit dijangkau dengan mobil maka sistem pembagian soal ujian dilakukan dari gudang penyimpanan di kantor Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ambon ke gugus dan selanjutnya dari gugus didistribusikan ke sekolah-sekolah tersebut,” jelasnya..

Kainama juga mengaku, Walikota Ambon telah menekankan agar pelaksanaan ujian untuk semua tingkatan pendidikan mulai dari SD/MI, SMP/MTs maupun tingkat SMA/MA/SMK dapat berjalan secara objektif, jujur dan berkualitas. (S-26)


No comments:

Post a Comment