Friday, July 13, 2012

Kemdikbud: Dijamin Tak Ada Manipulasi Jalur Mandiri

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Ujian Masuk PTN - Peserta mengerjakan soal Seleksi Nasional Masuk 
Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bidang Ilmu Pengetahuan Sosial di 
Auditorium Gedung Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia di 
Depok, Selasa (12/6/2012). Sebanyak 4.000 peserta mengikuti SNMPTN 
bidang IPS di kampus UI.
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjamin tak akan ada manipulasi pasca diubahnya mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pada tahun 2013 mendatang, Kemdikbud akan menghapus SNMPTN jalur tulis. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso mengatakan, mulai tahun depan, pemerintah memastikan hanya akan ada dua jalur masuk ke PTN, yakni jalur undangan (SNMPTN) dan ujian mandiri.

"Jadi tak ada lagi jalur ujian tulis, hanya satu jalur dalam SNMPTN dan jalur ujian mandiri yang dilaksanakan masing-masing PTN," kata Djoko, Kamis (12/7/2012).

Untuk jalur mandiri, Djoko menjamin tak akan ada manipulasi pada pelaksanaannya. Sebab, masing-masing PTN akan berkoordinasi langsung dengan Kemdikbud terkait pelaksanaan ujian dalam jalur mandiri.

"Saya jamin PTN tak akan menyelewengkan tanggung jawabnya, karena akan ada sanksi berupa pemotongan subsidi atau sanksi administrasi lainnya," ujarnya.

Adapun untuk jalur ujian tulis, Djoko menjelaskan, tahun depan tetap akan dibuka tetapi khusus untuk siswa lulusan 2011-2012 dengan kuota penerimaan 10 persen.

"Ini ntuk menjamin keadilan, karena setiap siswa yang lulus di tahun sebelumnya memiliki hak dua kali mengikuti ujian SNMPTN," kata Djoko.

No comments:

Post a Comment