Friday, May 18, 2012

Disbudpar Maluku Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara



Ambon - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Maluku menggelar audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara tingkat SMA dan SMK tahun 2012.

 Kegiatan audisi yang digelar di Taman Budaya Maluku, Karang Panjang-Ambon, Rabu (16/5), tersebut diikuti 120 peserta dari berbagai sekolah di Kota Ambon, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tengah.
Kegiatan tersebut digelar dengan maksud sebagai salah satu wadah paduan irama seni musik dan seni suara yang berakar dari keanekaragaman budaya nusantara, sedangkan tujuan dari kegiatan audisi paduan suara audisi gita bahana nusantara tingkat provinsi Maluku tahun 2012 adalah sebagai ajang menjalin persatuan dan kesatuan dikalangan generasi muda, upaya membangun watak bangsa yang mempunyai rasa nasionalisme khususnya di kalangan remaja dan sebagai ajang menjalin bakat di kalangan generasi muda khusunya dibidang seni suara dan seni musik.

Dalam audisi itu akan dipilih 12 orang peserta dimana masing-masing kabupaten terpilih empat orang dan selanjutnya dipilih empat peserta terbaik untuk jenis suara Sopran, Alto, Tenor dan Bas untuk selanjutnya mewakili Maluku di tingkat nasional untuk bergabung dengan peserta dari 33 provinsi di Indonesia untuk selanjutnya mengikuti pegelaran di Gedung DPR/MPR RI dan mengikuti peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-67 di Jakarta.

Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu dalam sambutannya yang dibacakan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku, Benny Gaspersz mengatakan, kegiatan audisi Gita Bahana Nusantara yang merupakan sarana bagi putra-putri Indonesia untuk mengaktualisasikan kecintaanya terhadap Indonesia melalui musik.

“Sebagai sebuah wadah seni budaya, tempat di mana berkumpulnya sejumlah anak-anak muda berprestasi khusus di bidang seni suara, keberadaan paduan suara Gita Bahana Nusantara mengem­ban tugas khusus, yakni membawakan lagu-lagu nasional dan perjuangan pada saat pidato Presiden RI dan upacara HUT proklamasi di Istana Merdeka dan yang menarik bahwa keanggotaan berasal dari 33 provinsi di seluruh Indonesia,” kata Gubernur.

Dikatakan, kegiatan Gita Bahana Nusantara merupakan kegiatan yang sangat bergengsi karena, peserta akan bertemu langsung bahkan diberikan ruang juga untuk melakukan dialog terbuka dengn Presiden dan merupakan sebuah kesempatan langka yang sangat terhormat dan tidak dimiliki oleh kebanyakan orang, sehingga peserta diminta untuk memanfaatkan moment tersebut dengan menunjukan bakat terbaiknya di bidang seni musik suara dan seni musik.

Dikatakan, Gita Bahana Nusantara sebagai upaya untuk menemukan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia dan meningkatkan apresiasi terutama di bidang seni musik dan seni suara di kalangan generasi muda, karena paduan suara Gita Bahana Nusantara dibentuk dengan menitik beratkan fungsi pada pembangu­nan karakter patriotisme dengan harapan muncul kebanggaan terhadap tanah tumpahdarah dan ibu pertiwi.

Sementara itu, Waty Murdiaty dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam sambutannya mengatakan, saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami krisis multi dimensi yang sulit untuk di­bendung. Selain itu juga lunturnya rasa persatuan dan kesatuan serta hilangnya nilai-nilai luhur bangsa yang merupakan tantangan yang dihadapi bangsa ini. Dikatakan, Gita Bahana Nusantara adalah kegiatan yang menitikberatkan pada pembanguan karakter dan jati diri generasi muda melalui lagu-lagu berna­faskan patriotisme. (S-26)

No comments:

Post a Comment