Thursday, August 23, 2012

Sarang Semut Ini Ampuh Atasi Penuaan Dini


www.sarang-semut.co.id
Tumbuhan Sarang Semut (Myrmecodia pendans) 
Penuaan dini menjadi momok menakutkan bagi wanita. Untuk mengatasinya, Anda pun dapat mengonsumsi sarang semut yang berasal dari Papua.

Sarang semut atau Myrmecodia pendans merupakan tanaman parasit berbentuk umbi yang dapat ditemukan di hutan pedalaman di Indonesia, salah satunya Papua. Tanaman umbi-umbian ini juga telah digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat pedesaan di Wamena, Papua, secara turun-temurun.

Sebuah penelitian oleh Pusat Bioteknologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan bahwa sarang semut mengandung tocopherol, polyphenol, flavonoid, dan beberapa mineral lain yang sangat berguna sebagai antioksidan, antikanker, serta membantu mengatasi penuaan kulit, dan menangkal radikal bebas.

Menurut seorang entomolog  atau ahli serangga, Dr Wijaya, senyawa yang terdapat dalam Myrmecodia pendans memang banyak mengandung antioksidan, vitamin dan mineral, serta asam formiat, seperti dilansir dari Expertscolumn.

"Pada semut, antioksidan berperan dalam pembentukan koloni, mereka menjaga telur-telurnya agar jauh dari kuman penyakit, ini sama seperti yang dilakukan oleh lebah madu," kata Wijaya.

Dan saat ini, sarang semut Papua sudah banyak dijual di masyarakat secara online, baik dalam bentuk kering maupun yang sudah dikemas dalam bentuk obat untuk dikonsumsi umum oleh masyarakat. (web)


No comments:

Post a Comment