Thursday, August 30, 2012

Asesor untuk Akreditasi Perguruan Tinggi Ditambah

Ilustrasi
JAKARTA - Layanan akreditasi program studi maupun institusi perguruan tinggi di Indonesia terus ditingkatkan. Untuk itu, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berupaya meningkatkan jumlah asesor.

"Saat ini ada 2.000 asesor. Bisa saja kita tambah lagi sesuai kebutuhan," kata Ketua BAN-PT Kamanto Sunarto di Jakarta, Rabu (29/8/2012).

Persoalan jumlah asesor yang terbatas dinilai sebagai salah satu penyebab belum tuntasnya pengakreditasioan ribuan program studi dan institusi perguruan tinggi negeri dan swasta. Padahal, akreditasi program studi penting bagi kampus untuk dapat mengeluarkan ijazah secara legal.

Sementara itu, Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta Bambang Supriyadi mengatakan Kopertis terus mengingatkan perguruan tinggi swasta (PTS) yang memang banyak jumlahnya untuk mengurus akreditasi.

Sebagian besar program studi di PTS yang ada di wilayah ini sudah terakreditasi. Adapun untuk akreditasi institusi PTS masih satu yang sudah terakreditasi yakni Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. 

Sumber : http://edukasi.kompas.com

No comments:

Post a Comment