Monday, August 20, 2012

Ternyata Sungai Terpendek Di Dunia Ada di Kolaka Sulawesi Tenggara

Ketika kita ditanyakan nama sungai terpanjang di dunia. Tentunya dengan sekilas pikiran kita akan tertuju ke Sungai Nil yang ada di Mesir - Afrika. Ya, memang benar sungai yang satu ini dikenal sebagai sungai terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 6.650 km.

Lalu bila kita ditanyakan sungai terpanjang di Indonesia.  Pastinya dengan sigap kita menjawab Sungai Kapuas yang berlokasi di Kalimantan Barat.  Sungai yang membelah kota Pontianak ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai  1.178 km.


Sekarang, jika pertanyaannya dialihkan ke sungai terpendek di dunia. Masih sanggupkah anda menjawabnya?  Mungkin diantara kita ada yang sampai mengurut dahi. Bingung karena tak tahu mau menjawab apa.  

Airnya berwarna hijau jernih, dijamin segar saat mandi di sini.


Ternyata sungai terpendek di dunia justru berada di Indonesia. Dengan demikian sekaligus menjadi sungai terpendek di Indonesia. 

Lalu dimanakah letaknya sungai tersebut?  Usut punya usut sungai tersebut berlokasi di Kolaka Sulawesi Tenggara. Tamborasi, demikian nama sungai tersebut. Sungai ini diklaim sebagai sungai terpendek di dunia. Panjangnya hanya mencapai 20 meter saja sementara lebarnya sekitar 15 meter. 

Bermuara ke Pantai Tambora, di sini airnya lebih hangat.
Karena ukuran mini tersebut membuat Tamborasi tampak seperti danau. Tetapi aliran airnya menunjukkan bahwa ini memang sebuah sungai. Situs ensiklopedia terbesar di dunia, Wikipedia, juga mengakui catatan tersebut. 

Sungai Tamborasi terletak di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mencapai sungai mini tersebut, Anda bisa mengaksesnya lewat darat. Jaraknya yang hanya sekitar 90 meter dari kota Kolaka menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam.

Antara sejuk dan hangat, dua pilihan yang bisa dinikmati saat berendam di Tamborasi
















Yang paling menarik, walau terbilang sangat kecil sungai ini masih sangat asri. Airnya yang berwarna jernih kehijauan dijamin akan menghipnotis mata Anda. Sangat berbeda dengan pemandangan sungai-sungai besar yang ada di wilayah perkotaan. Anda bisa menikmati aktivitas berenang yang menyenangkan. Tidak hanya itu, pepohonan rindang yang ada disekitarnya membuat udara terasa lebih sejuk dan segar.

Jika Anda berenang ke hilir, Anda akan langsung berhadapan dengan pantai Tamborasi. Di sini pemandangan yang ada lebih menakjubkan lagi. Pasir putihnya yang cantik mampu melengekapi keindahan pemandangan alam di sini. Namun berbeda dengan di sungai, air di pantai Tambora bersuhu lebih hangat. Dengan demikian Anda memiliki dua pilihan air, antara segar dan hangat.

So jika Anda berinisiatif melakukan liburan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Sebagai tambahan, saat menuju sungai, Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang menawan dari gunung marmer di sepanjang jalan.

Sumber : http://forum.viva.co.id

1 comment:

  1. Postingan yg bagus gan (y) ane juga org kolaka dan baru tau itu :D #akibatjarangnontontipi

    AsyShahid_AM
    [skatersklk.blogspot.com]

    ReplyDelete