Tuesday, July 9, 2013

109.853 Peserta Lolos SBMPTN, Bisa Dilihat di Internet

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi 
Negeri (SBMPTN) 2013 di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri 
Yogyakarta, Yogyakarta, Selasa (18/6). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta  - Sebanyak 109.853 peserta dari total 585.789 peserta ujian tulis dinyatakan lolos pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 di 62 PTN yang tersebar di seluruh Indonesia, kata Umum Panitia Seleksi Masuk Bersama PTN, Akhmaloka. 

"Para peserta yang ingin melihat hasil pengumuman dapat mengakses melalui laman pengumuman.sbmptn.or.id mulai pada Senin, 8 Juli pukul 17.00 WIB," kata Rektor ITB itu yang didampingi Sekretaris Panitia SBMPTN, Rochmat Wahab dalam penjelasan hasil SBMPTN di Jakarta, Senin.

Akhmaloka menyampaikan pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2013 dimajukan dari jadwal semula pada 12 Juli menjadi 8 Juli. Menurut dia, hal ini dilakukan karena proses penilaian telah selesai. 

Akhmaloka mengatakan, selain melalui laman resmi tersebut, untuk mengantisipasi banyaknya peserta yang mengakses secara bersamaan, pengumuman juga bisa diakses melalui laman sbmptn.ui.ac.id, sbmptn.itb.ac.id, sbmptn.undip.ac.id, dan sbmptn.its.ac.id. "Pengumuman juga dilakukan melalui surat kabar nasional dan lokal pada Selasa, 9 Juli, besok," katanya.

Pendaftar terdistribusi dalam tiga kategori, yakni bidang sain teknologi sebanyak 220.769 orang, bidang sosial humaniora 232.613 orang, dan campuran saintek dan soshum 132.407 orang. Adapun peserta yang diterima pada kategori saintek sebanyak 50.559 orang dan kategori sosial humaniora sebanyak 59.294 orang.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso mengatakan, SBMPTN diselenggarakan oleh 62 PTN. SBMPTN, kata dia, merupakan pola seleksi masuk PTN melalui jalur ujian tertulis. Pada jalur ini, kata dia, PTN juga mengalokasikan kuota untuk beasiswa Bidik Misi. "Supaya mengelolanya mudah maka diintegrasikan sistemnya," katanya.

Sumber : antaranews.com

No comments:

Post a Comment