Monday, July 16, 2012

Penyaluran BOS Tri Wulan III Sudah Rp 2,8 T

Ilustrasi
JAKARTA - Penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) tri wulan III (Juli-September) sampai kini sudah mencapai Rp 2,8 triliun. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menarget pengucuran tersebut tuntas dalam bulan ini. Tapi, Kemendikbud prihatin karena ternyata masih banyak laporan pungutan sekolah.

Hingga kemarin sore pukul 15.00 WIB, sudah 17 provinsi yang mengucurkan dana BOS tri wulan III. Rekor penyaluran tercepat dicatat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berhasil mengucurkan dana BOS senilai Rp 37,450 miliar pada 26 Juni lalu.

Sedangkan provinsi dengan nilai pengucuran dana BOS terbesar adalah Jawa Timur. Yakni, mencapai Rp 671,664 miliar, dikucurkan pada 9 Juli lalu. Di urutan berikutnya ada Provinsi Jawa Tengah dengan nilai dana BOS mencapai 669,953 miliar (3 Juli). Selanjutnya di posisi ketiga ditempati Provinsi Banten dengan nilai dana BOS sebesar Rp 247,278 miliar (3 Juli).

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas) Kemendikbud Suyanto mengatakan, seperti periode sebelumnya, tidak ditemukan kendala yang berarti dalam penyaluran dana BOS untuk tri wulan III ini. Dia berharap pengucuran bisa segera tuntas.

Namun, di saat pengucuran dana BOS menunjukkan tren positif, Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim masih menyimpan kekecewaan. Dia mengaku cukup prihatin menyusul masih banyak laporan pungutan. 

"Terlebih ada laporan pungutan yang digunakan untuk biaya operasional. Ini jelas tidak boleh," kata dia.

Alasan sekolah menarik pungutan karena dana BOS belum cair, masih bisa ditoleransi. Tetapi setelah dana BOS cair, pungutan yang dialokasikan untuk belanja operasional wajib dikembalikan ke siswa. Terutama di SD dan SMP negeri. 

Mantan rektor Universitas Andalas, Padang itu mengatakan, nominal dana BOS yang tahun ini meningkat secara signifikan harusnya bisa menghapus berbagai pungutan yang memberatkan masyarakat. 

Dia menuturkan jika nominal dana BOS tahun ini dipatok Rp 580 ribu per siswa SD/sederajat per tahun dan Rp 710 ribu per siswa SMP/sederajat per tahun. Total ada 44,7 juta siswa penerima dana BOS, dengan alokasi total dana BOS mencapai 27,67 triliun. (wan/ttg)

No comments:

Post a Comment