Monday, July 16, 2012

Dinas Pendidikan Kota Menggelar Ujian Paket A

Benny Kainama, Kadis Pendidikan Kota Ambon
Ambon - Direncanakan hari ini, Senin (16/7), Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Ambon akan menggelar ujian penyetaraan paket A setara SD, paket B setara SMP dan paket C setara SMA/SMK. Ujian ini akan dilakukan serentak dan berakhir pada 18 Juni 2012.

“Peserta yang mengikuti ujian ini untuk tahun 2012 sebanyak 1.114 peserta yang terdiri dari 54 peserta untuk paket A, 304 peserta paket B, 640 paket C dan 116 peserta mengikuti ujian paket C kejuruan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan, Benny Kainama kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (13/7).

Dijelaskan, ujian paket di Kota Ambon akan digelar di lima lokasi, di antaranya SDN 1, SDN 2, SD Al-Wat­han, SDN 1 Galala, SMPN 6, dan SMA PGRI 1. Peserta yang mengikuti ujian paket tersebut merupakan para siswa yang tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN) dan sebagian yang putus sekolah yang mem­punyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan mereka.

Selain peserta yang tidak lulus UN dan pemuda putus sekolah, ujian paket tersebut diikuti siswa yang juga belajar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

“Mata pelajaran yang diujikan dalam penyetaraan paket A, B dan C sama seperti jadwal UN. Jadwal ujian paket C disesuaikan jurusan seperti IPS, yakni PPKN, Bahasa Inggris, Sosiologi, geografi, Bahasa Indonesia, ekonomi dan matematika, sedangkan IPA disesuaikan jurusan Biologi, Kimia serta Fisika,” ungkapnya.

Untuk ujian paket A dan B, kata dia, yakni PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS. Sertifikat ujian bagi siswa yang lulus ujian paket C ini dapat digunakkan untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi swasta maupun negeri.

“Sertifikat ujian penyetaraan ini dapat digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, sehingga lulusan paket C tidak perlu minder untuk melanjutkan kuliah,” ujar Kainama.

Ditambahkan, pengumuman ujian paket A, B, C SMA/Kejuruan akan dilakukan satu bulan setelah pelak­sanaan ujian. Dia berharap, semua siswa yang ikut ujian paket di Kota Ambon dapat lulus guna melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. (S-26)

No comments:

Post a Comment