Wednesday, July 25, 2012

Menkominfo : Serangan ke Internet Semakin Meningkat

Serangan malware ke jaringan internet semakin meningkat
JAKARTA-Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menyatakan eskalasi serangan pada keamanan internet semakin meningkat. Bahkan, situs berdomain pemerintah telah diserang hingga tiga juta kali oleh para peretas yang tidak bertanggung jawab pada tahun lalu. 


"Dalam dua tahun terakhir eskalasinya semakin meningkat. Bahkan, peretas (hacker) ada yang masih SMP," ucap Tifatul, di sela acara Seminar dan Kompetisi Jawara Cyber Indonesia 2012, di Jakarta, Selasa (17/7). 

Selain intensitas serangan meningkat, jenisnya pun semakin beragam. Kalau dulu, kata Tifatul, serangan masih dari luar negeri (cross border), kini asal serangan juga bersumber dari dalam negeri sendiri. 

Hal senada juga diungkapkan Chairman Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure Rudi Lumanto. 

"Per hari serangan terhadap situs lokal bisa mencapai 30 ribu kali," tuturnya. 

Tifatul menimpali, selain muncul fenomena serangan pada situs pemerintah, kini juga marak di jagat maya Indonesia, para peretas nakal menyebar virus. 

Virus yang paling sering disebar pada saat ini adalah malware. Tahun lalu, serangan malware di dunia maya bahkan mencapai 5,5 miliar serangan di dunia. 

Berkaca dari fenomena tersebut, maka sudah sepatutnya jika perkembangan teknologi di negara kita diimbangi pula dengan infrastruktur strategis untuk menekan dampak negatif. 

Tifatul mengatakan pemerintah telah melakukan berbagai langkah untuk meminimalkan dampak buruk dari serangan. Pertama, kesiapan di sektor regulasi telah disiapkan. 

Selanjutnya kesiapan lembaga dan sumber daya pengamanan internet, juga terus ditingkatkan setiap tahunnya. (Tlc/OL-10)

No comments:

Post a Comment