Saturday, July 28, 2012

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012


Setelah diumumkan secara resmi bahwa Kemdikbud menyediakan contoh soal UKG pada laman resmi http://ukg.kemdikbud.go.id, ribuan pengguna internet berlomba-lomba untuk berupaya masuk ke laman web tersebut.

Namun beberapa hari  terakhir ini laman resmi yang disediakan kemdikbud tersebut "ngadat", penyebabnya diduga karena "overload".  Sama dengan "user" lainnya, admin pun mengalami hal serupa. Namun setelah mengobrak-abrik seluruh jaringan web yang ada, akhirnya admin menemukan laman web ini dan  menurut admin dapat dipercaya.

Mengingat banyaknya "user" yang mengalami kegagalan serupa, seperti yang admin urai di atas.  Maka tak salahnya bila admin membagikan ini kepada "user" sekalian.   Tentunya menurut dugaan admin, sebagian besar dari ''user''  berprofesi sama dengan admin yaitu seorang guru (pendidik).

Bagi bapak dan ibu guru yang penasaran dengan contoh soal  Uji Kompetensi Guru (UKG) dapat melihat atau mendonwloadnya pada tabel di bawah ini.  Tetapi saya ingatkan,  ini hanyalah sekedar prediksi soal yang mungkin muncul saat pelaksanaan UKG nanti.  

Adapun maksud dari hadirnya contoh soal yang ada dalam tabel di bawah ini memberikan gambaran awal bagi kita semua yang berprofesi sebagai guru (tenaga pendidik) untuk menguji kualitas awal dan potensi yang terkandung pada diri kita masing-masing.  Selanjutnya silahkan bertaruh "nasib" saat digelarnya Uji Kompetensi Guru dimaksud.

Apapun hasilnya kelak hal ini tidaklah menjamin bahwa kualitas kita sebagai guru seperti yang tertulis di atas kertas.  Melainkan kualitas seorang guru sesungguhnya adalah saat mana ia berhadapan dengan siswa di dalam kelas.  

Sekali lagi saya ingatkan ini adalah proyek "penghamburan uang" yang dilakukan pemerintah karena tidak memiliki kepastian dan landasan hukum yang sah. Buktinya, pemerintah terlalu memaksakan kehendaknya ditengah persiapan yang terlampau mendadak dan miskin sosialisasi.  Hasilnya kita tunggu saja,  kelak akan jauh dari harapan...... 

Oke, bagi yang berminat silahkan untuk mengklik tulisan yang tersedia di dalam tabel dibawah ini. 

CONTOH SOAL UKG (UJI KOMPETENSI GURU) 
SOAL  MATA PELAJARAN
DOWNLOAD
VIEW MATERI

Sumber : http://ptkguru.com

Yang ingin tahu banyak tentang Uji Kompetensi Guru (UKG) silahkan untuk berkunjung ke link dibawah ini
http://ptkguru.com/?darmajaya=index&daryono=base&action=listmenu&skins=1&id=1825&tkt=3

No comments:

Post a Comment