Friday, July 27, 2012

Pemkot akan Lakukan Seleksi Kepala Sekolah se-Kota Ambon


Ilustrasi Kepala Sekolah
Ambon: Pemerintah Kota Ambon akan melaksanakan program nasional seleksi calon kepala sekolah sesuai standar. Yang perlu diingat, jabatan kepala sekolah hanyalah tugas tambahan, dia harus tetap mengajar seperti para guru lainnya. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Pemkot Ambon Beny Kainama kepada Moluken.com di ruang kerjanya, kemarin.

Diakuinya, seleksi ini nantinya akan dilakukan terkait peningkatan kualitas pendidikan di Kota Ambon. Sebuah sekolah harus dikelola secara professional dan dipimpin oleh guru yang memiliki kompentensi untuk itu. “Selain harus kuasai kompetensi professional, pedagogic, social, dia juga punya kompetensi manajamen, leadership, punya aturan kepangkatan standar minimal 3 C dan lolos uji kepatutan, fit and propert test,” ungkap Kainama.

Menurut Kainama, kepala sekolah merupakan tugas pembantuan. Tugas pokok dan fungsi guru tetap harus dijalankan. Seorang kepsek diharuskan mengajar minimal 6 jam setiap bulannya. Jika tidak, dia harus bertugas sebagai guru konseling . Itu merupakan bagian dari program sertifikasi nasional.

Terkait Uji Kompetensi Awal (UKA) Maluku yang berada pada peringkat urutan terakhir nasional pada Januari 2012 lalu, menurut Kainama hal itu tidak bisa dijadikan ukuran umum kalau mutu guru di Kota Ambon itu rendah. “Ujian itu hanya melibatkan guru-guru baru yang belum berpengalaman. Nanti ada ujian kompetensi lagi pada tanggal 30 Juli 2012 ini kita lihat hasilnya lagi,” ucapnya. (NR)

Sumber : http://www.moluken.com

No comments:

Post a Comment