Tuesday, July 24, 2012

Obrok, Cara Unik Bangunkan Sahur di Indramayu

Indramayu: Beduk keliling untuk membangunkan sahur di Bulan Ramadan sering dilakukan pemuda di sejumlah daerah. Tapi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, ada cara unik untuk membangunkan sahur, yakni dengan obrok.


Obrok merupakan cara membangunkan sahur dengan menggunakan soundsystem besar dan pengeras suara. Alat ini dilengkapi dengan AKI sebagai pembangit listriknya dan didorong dengan gerobak khusus yang didesain seperti panggung mini untuk keliling kampung.

Tak hanya itu, obrok juga dilengkapi dengan gitar listrik, gendang, dan alat-alat pendukung lainnya. Kalau di Jakarta permainan ini disebut dengan 'Orkes Dorong'.Para personel yang ikut memainkan obrok tersebut terdiri dari 10 hingga 15 orang.

Cara membangunkan sahur dengan obrok ini memang sangat kontroversional lantaran efek suaranya yang cukup keras dapat membangunkan orang yang sedang tidur. Mungkin bagi yang berpuasa dan ingin bersantap sahur sangat terbantu dengan obrok ini, tapi bagi yang tidak menjalankan puasa dan ingin istirahat dengan tenang bakal terganggu.

"Banyak warga merasa terbantu karena dibangunkan untuk makan sahur. Tapi, ada juga warga yang tak berpuasa dan terganggu dengan adanya obrok ini yang memang memancarkan suara keras," kata Nono selaku pimpinan Obrok di Kampung Tembaga, Indramayu, Jawa Barat.(MEL)

No comments:

Post a Comment