Sunday, July 22, 2012

Hendra Adi Bayauw, Dari Tulehu Untuk Indonesia

Hendra Adi Bayauw, Pesepakbola Indonesia 
asal Tulehu Maluku
Ambon - Tulehu salah satu desa di wilayah Maluku Tengah yang masih satu pulau dengan ibukota Propinsi Maluku ini merupakan gudangnya pesepakbola Indonesia.

Desa yang terletak di jazirah Leihitu, tepatnya di kecamatan Salahutu ini dapat ditempuh dari Ambon sekitar 45 menit dengan menggunakan mobil angkutan umum.


Dari desa inilah silih berganti tampil pemain sepakbola yang melegenda dan merumput di seantero nusantara, sebut saja Imran Nahumarury, Abdul Rahman Lestaluhu, Sedek Sanaky, Hasyim Kipuw, Ramdani Lestaluhu dan yang teranyar adalah Hendra Adi Bayauw yang membela timnas Indonesia dalam ajang Penyisihan AFC U-22 2013 di Pekanbaru-Riau tanggal 5 - 15 Juli 2012 kemarin.

Hendra Adi Bayauw merupakan pemain sepakbola yang berkarakter lincah dan cepat. Hendra Bayauw berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya hanyalah seorang buruh panggul. Bayauw besar dalam lingkungan yang akrab dengan sepak bola. Sejak kecil bakat Hendra Bayauw sudah terlihat. 

Pada masa remaja, Bayauw sudah berkiprah di Liga Medco bersama tim sepak bola Maluku. Tahun 2008, Bayauw juga pernah memperkuat Timnas U-16 kala mengikuti turnamen di Uzbekistan. Bayauw kemudian menjadi pemain di salah satu klub asal Maluku, Persemalra Tual pada 2010. Tahun 2011, Bayauw pindah ke Jakarta dan bergabung dengan Jakarta FC. Kemudian dia bermain di Persija Jakarta (IPL) pada 2011. 

Hendra Bayauw mendapatkan kesempatan tampil di ajang internasional untuk pertama kali sebagai Timnas Senior ketika ikut memperkuat tim Garuda di ajang Turnamen Internasional di Palestina. Pada turnamen itu dia berhasil mencetak satu gol ke gawang Mauritania pada 17 Mei 2012. Setelah itu Bayauw juga dipanggil untuk memperkuat timnas dalam laga ujicoba melawan Filipina di Manila Juni 2012. Nama Bayauw semakin terkenal ketika berhasil bermain bagus di timnas U-22 di Piala AFC. Pada kualifikasi Piala Asia U-22 Bayauw berhasil membuat dua gol ke gawang Makau. 

Peran Bayauw di timnas Indonesia dan klubnya tampak cukup vital karena Hendra Bayauw memiliki skill, kecepatan kegesitan, akselerasi dan kekuatan tendangan yang bisa mengacaukan pertahanan lawan. Hendra Adi Bayauw merupakan gelandang serang yang juga bisa bermain sebagai sayap dan penyerang. Bayauw pemain yang tak kenal lelah dan rajin menyisir pertahanan lawan dari sayap dan tak jarang pula ia ikut membantu barisan pertahanan.

Profil pemain:
Nama: Hendra Adi Bayauw
Tempat dan tanggal Lahir:Tulehu, Ambon, 23 Maret 1993
Tinggi: 162 cm.
Posisi: Gelandang serang
Ayah : Asayori Bayau

Karier Sepakbola:
Tim Maluku pada Liga Medco (2008)
Timnas Indonesia U-16 (2008)
Klub Persemalra Langgur (2010-2011)
Klub Jakarta FC (2011)
Persija Jakarta (2011-Sekarang)
Tim Indonesia untuk turnamen Al Nakbah (2012)
Timnas Indonesia U-22 kualifikasi Piala Asia AFC U-23 (2012)

No comments:

Post a Comment