Monday, April 9, 2012

SMK Al-Wathan Ambon Siap Menggenggam Dunia Dengan Teknologi.



SMK Al-Wathan Ambon yang terletak di Gunung Malintang desa Batumerah Kecamatan Sirimau Kota Ambon mulai berbenah, khususnya dalam bidang Informasi dan Telekomunikasi.  Sekolah yang berbasis kejuruan ini berhasil meluncurkan sebuah website, yang menurut pengelolanya memiliki fitur terlengkap.  Fitur-fitur ini sengaja disediakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah tersebut.  Fitur-fitur yang ada pada website ini meliputi Website Sekolah, Email, Blog, E-Learning, Digital Library serta Sistem Informasi Sekolah. Peluncuran website ini merupakan bagian dari mengkampayekan moto SMK Al-Wathan Ambon “Menggenggam Dunia dengan Teknologi dari Puncak Gunung Malintang Ambon”.

Untuk menunjang dan memuluskan rencananya tersebut, tak tanggung-tanggung Lantara Habir, M.MPd  selaku kepala sekolah SMK Al-Wathan-Ambon.  Menghadirkan seorang Akademisi dan Praktisi IT dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogjakarta, yang juga calon Magister Haris, S.Pd untuk memberikan materi dan pelatihan di bidang IT ini.

Kegiatan pelatihan yang bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran dan Penulisan Multimedia dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar” dilaksanakan selama dua hari ( 7 – 8 April 2012) bertempat di SMK Al-Wathan – Ambon.  Pelatihan ini diikuti oleh para guru SMK Al Wathan dari berbagai bidang diantaranya Guru Normatif, Adaptif dan Produktif serta Pengelola Lab, dan Pengelola perpustakaan.

Pelatihan ini diharapkan dapat menambah bekal untuk menuju moto ‘Genggam Dunia Dengan Tekniologi’, seperti yang diungkapkan kepala SMK Al Wathan  Lantara Habir, M.MPd. “Harapan kami agar pelatihan yang diikuti guru dapat berjalan dengan baik, dan berbobot sehingga nantinya output dari pelatihan ini dapat diajarkan kembali kepada guru-guru yang lain serta siswa SMK Al Wathan, sehingga nantinya Sistem yang telah dibangun dapat dimaksimalkan kegunaan dan pemanfaatannya. Diharapkan pula para guru setelah mengikuti pelatiahn ini dapat lebih terbuka terhadap teknologi baru yang sedang marak digunakan oleh para murid. Apakah itu situs jejaring sosial (facebook dan twitter) maupun situs-situs yang sering diakses oleh anak didik mereka. Jangan sampai para guru menutup diri terhadap perkembangan teknologi sehingga kurang memahami keinginan para murid.

Senada dengan Kepala SMK Al Wathan, Suraida, Guru sekaligus Wakil Kepala Sekolah Bagian Humas, memandang perlu untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini, agar nantinya para disetiap informasi- informasi sekolah mudah di akses oleh civitas akademika SMK Al Wathan Ambon. “Kami harap ini menjadi sarana Informasi untuk Sekolah dan Promosi Sekolah” ungkapnya.
Haris selaku pemateri menjelaskan tentang kegunaan dan pemanfaatan fitur yang telah dibangun diantaranya :

Website sekolah yang merupakan  salah satu ‘senjata’ bagi sekolah untuk menunjukan jati diri sekolah pada orang banyak. Sekaligus sebagai media informasi bagi orang-orang luar yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang sekolah tersebut. Di sisi lain, website sekolah bisa dijadikan sebagai ajang promosi sekolah saat tahun ajaran baru. Manfaat dari website bagi sekolah adalah Memperkenalkan profil sekolah sehingga masyarakat luas mengetahui informasi apapun tentang sekolah, Sebagai media komunikasi antara sekolah dengan dunia luar serta sebagai media resmi sekolah untuk media publikasi informasi ke masyarakat.

Email SMK Al Wathan dengan Domain smkalwathan.sch.id diperuntuhkan bagi civitas akademika SMK Al-Wathan Ambon dengan kapasitas 25600 MB dan merupakan Satu Syarat Mendaftar di blog, forum dan E-learning SMK Al-Wathan. Email dengan smkalwathan.sch.id menggunakan layanan Powerfull dari Google Apps. Layanan yang diberikan berupa satu paket Account email dengan quota 25600 MB, serta fasilitas : Google Calendar, Google Talk, Google Docs, Presentasi & Spreadsheets dan Ruang penyimpanan data sebesar 1 GB.

Manfaat Blog adalah menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis, tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya, blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis, menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan kita dalam menuangkan gagasan, blog bisa menjadi ajang ekspresi yang bebas hambatan sama sekali, blog adalah tempat kita untuk menabung tulisan serta blog bisa berfungsi sebagai media personal branding, blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan.

Dengan adanya E-Learning dapat menciptakan pembelajaran efektif, murah, tanpa waktu dan tanpa batas, melalui sistem ini para guru dapat mengelola materi pelajaran secara on-line, menyusun SAP, memberikan tugas kepada mahasiswa, membuat tes/quiz, memberikan nilai, berkomunikasi dengan mahasiswa melalui forum diskusi dan chat, dll. siswa dapat mengakses informasi dan materi pembelajaran, berinteraksi dengan sesama siswa dan guru, melakukan transaksi tugas-tugas perkuliahan, mengerjakan tes/quiz, melihat pencapaian hasil belajar, dll.

Adapun Sistem Automasi dan Perpustakaan Digital memiliki fitur : Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang degenerate on-the-fly. Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku. Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search). Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data. Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain. Sirkulasi dengan fitur: Transaksi peminjaman dan pengembalian, Reservasi koleksi, Aturan peminjaman yang fleksibel, Informasi keterlambatan dan denda, Manajemen keanggotaan, koleksi (stocktaking),  Laporan dan Statistik, Pengelolaan terbitan berkala, Dukungan pengelolaan dokumen multimedia (.flv,.mp3) dan dokumen digital, Khusus untuk pdf dalam bentuk streaming. Menyediakan berbagai bahasa pengantar (Indonesia, Inggris, Spanyol, Arab, Jerman). Dukungan Modul Union Catalog Service,  Counter Pengunjung perpustakaan, Area untuk melihat koleksi sedang dipinjam oleh anggota serta fitur lainnya.

Sedangkan konten dalam Sistem Informasi Sekolah : Sistem Penilaian dan Raport Siswa, Sistem Keuangan, Sistem Inventaris, Sistem Akademik, Sistem Absensi Siswa, Sistem Penerimaan Siswa Baru / PSB, Sistem Pengarsipan Surat, Sistem SMS Akademik dan Sistem BP/BK.

Mau tahu lebih banyak informasi seputar SMK Al-Wathan Ambon.   Silakan berkunjung ke website http://www.smkalwathan.sch.id

No comments:

Post a Comment