Tuesday, April 10, 2012

MIN 1 Ambon Merambah Dunia IT


MIN 1 Ambon yang berlokasi di jalan Kesatrian No. 18 Batumerah Ambon, merupakan salah satu madrasah yang cukup eksis di kota Ambon.  Madrasah ini diperkirakan berdiri pada tahun 1967, didasarkan pada catatan dokumen yang masih tersimpan.  Di sepanjang perjalanannya MIN 1 Ambon, telah menciptakan manusia-manusia handal yang kini mengabdi pada berbagai instansi pemerintah maupun swasta yang ada di kota ini.


Seiring perjalanan waktu MIN 1 Ambon terus berbenah. Pembenahan itu meliputi sarana dan prasarana penunjang pendidikan, SDM penggerak pendidikan (Tenaga Pendidik dan Kependidikan), kurikulum dan media untuk mempromosikan keberadaan MIN 1 Ambon pada dunia luar.

Menyadari pentingnya promosi melalui media informasi dan telekomunikasi (IT),   maka MIN 1 Ambon meluncurkan situsnya di internet,  dimulai dari Email, Facebook dan kini merambah Blog.Kehadiran blog ini berawal dari inisiatif seorang guru bernama Amin Choiru Sholeh, S.PdI, yang ingin memperkenalkan keberadaan dan program-program pendidikan MIN 1 Ambon pada dunia luar.

Disamping untuk memperkenalkan program-program pendidikan pada MIN 1 Ambon.  Kehadiran blog ini juga diharapkan sebagai sarana bagi tumbuh kembangnya kemampuan menulis para guru. Sarana untuk mengungkapkan ide dan gagasan demi kemajuan MIN 1 Ambon, serta tempat untuk menuangkan kreatifitas guru maupun siswa pada madrasah ini.

Blog ini sebenarnya telah diluncurkan bertepatan dengan kegiatan Perkemahan Wirakarya (PW) tingkat Nasional pada bulan Nopember tahun lalu.  Namun ditengah perjalanannya sempat mandeg dikarenakan kesibukan dari pengelolanya.  Alhamdulillah, berkat kemauan dan niat ikhlas dari pengelolanya, blog MIN 1 Ambon kini semakin eksis.

Kepala MIN 1 Ambon Kusnadi Hi. Umar, S.Ag ketika dimintai pendapatnya tentang keberadaan blog ini.  Menyatakan sangat berterima kasih dengan inisiatif, ide dan gagasan yang cemerlang ini dan berharap agar blog ini dapat ditingkatkan menjadi website MIN 1 Ambon.

“Terus terang saya berterima kasih dengan inisiatif, ide dan gagasan inovatif yang dikembangkan oleh setiap guru, termasuk keberadaan blog ini.  Kalau bisa tolong ditingkatkan menjadi website MIN 1 Ambon” demikian pernyataannya.

Sementara para guru ketika dimintai pendapatnya, sebagian besar menyatakan sangat bangga dengan keberadaan blog ini.  Menurut mereka hal ini semakin memperkokoh jati diri MIN 1 Ambon sehingga tidak kalah bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan lain di kota ini.

Untuk diketahui blog ini dikelola secara otodidak, tanpa pelatihan di bidang IT dan minim sumber dana.  Namun diupayakan agar tetap eksis untuk mempublikasikan kegiatan, program dan informasi seputar MIN 1 Ambon. 

Mau tahu lebih banyak tentang MIN 1 Ambon, berkunjunglah ke website MIN 1 Ambon dengan alamat http://min1ambon.blogspot.com atau facebook min1 ambon serta dapat mengirimkan email dengan alamat min1_ambon@yahoo.co.id atau min1ambon@gmail.com

No comments:

Post a Comment