Sunday, April 8, 2012

2014, Planet seperti Bumi Ditemukan

Planet seperti Bumi kemungkinan akan ditemukan dalam dua tahun ke depan.

"Saya percaya Kepler akan menemukan planet Goldilocks dalam dua tahun ke depan," kata Domagal-Goldman, seorang peneliti di markas NASA di Washington DC yang mengkhususkan diri dalam biologi eksoplanet.

Planet Goldilocks merupakan sebutan dari planet yang layak huni. Ini ditandai dengan ukuran seperti Bumi dan orbit pada jarak yang tepat dari bintang untuk mendukung adanya air dan kehidupan.

Para astronom telah menemukan lebih dari 750 planet asing sampai saat ini. Selain itu, Teleskop Kepler punya NASA memiliki kandidat hingga 2.300 planet yang menunggu konfirmasi oleh penelitian lanjutan.

Namun, hingga kini belum ditemukan planet di luar tata surya kita yang mirip Bumi.

"Itu bisa segera berubah," seru Shawn Domagal-Goldman. "Kami akan dapat menunjuk pada sebuah bintang tertentu di langit malam dan berkata, 'Ini dia sebuah planet yang dapat mendukung kehidupan!'"

Beberapa pejabat NASA juga memiliki optimisme seperti Domagal-Goldman. Hanya, harus diakui kesulitan untuk menyelidiki dunia tersebut secara langsung, karena jauhnya jarak planet tersebut sehingga terlihat kecil dan samar.

Penampakan mereka hampir tenggelam oleh cahaya terang bintang induknya.


Sumber : www.mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment