Thursday, April 12, 2012

Hasil Akhir Penghitungan Suara , Pilkada Malteng Berlangsung 2 Putaran.


Ambon : Harapan memenangkan pilkada satu putaran oleh pasangan Abua Tuasikal - Marlatu Leleury (TULUS) akhirnya pupus sudah.  Klaim kemenangan yang didasarkan pada hasil Quick Count lembaga survey INDEX dengan angka lebih dari 30% ternyata keliru.

Karena menurut hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPU Maluku Tengah yang berakhir  sekitar pukul 15.10 WIT, Kamis, siang.  Diperoleh hasil penghitungan sebagai berikut. 


Pasangan Yusuf Latuconsina-Liliane Aitonam (INA AMA) memperoleh suara 47.355 (23.85 %), Hamzah Sangadji-Melky Lohy (HASIL) 36.827 (18.55 %), Makmur Tamani-Philip Hallatu (MATAHATI) 29.568 (14.89 %), Tuasikal Abua-Marlatu Leleury (TULUS) 56.162 (28.28 %), Lutfy Sanaky-Nancy Purmiasa (SANPURNA) 23.065 (11.61 %) dan pasangan Ana Latuconsina-Christian Leihitu (MANIS) memperoleh 6 5.597 (2.82 %).

Dengan demikian menurut hasil perhitungan KPUD Malteng, pilkada Malteng dipastikan akan berlangsung dua putaran karena tak satupun pasangan yang berhasil meraih angka lebih dari 30%.  Menurut jadwal putaran kedua pilkada Malteng akan berlangsung pada 30 Mei 2012 mendatang.   Diikuti oleh 2 pasangan calon yaitu Yusuf Latuconsina – Liliane Aitonam (INA AMA) berhadapan dengan pasangan Abua Tuasikal – Marlatu Leleury (TULUS).

Hasil ini juga semakin mengukuhkan tingkat kredibilitas lembaga survey Lingkar Survey Indonesia (LSI) dan Konsultan Citra Indonesia (KCI) sebagai lembaga survey yang layak dipercaya.    Karena  tingkat keakuratan data dan metode survey yang dilakukan tidak berbeda jauh dengan hasil perhitungan real.
Sebagaimana diketahui lembaga LSI dan KCI telah mengklaim sejak awal bahwa pilkada Malteng akan berlangsung dua putaran.  Hal ini didasarkan pada metode perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan setelah pelaksanaan pilkada pada tanggal 4 April lalu.

Ketua KPU Maluku,  Drs. Idrus Yusuf  Tatuhey, MS, saat dihubungi moluken.com mengatakan, dirinya saat ini sedang mengikuti pleno rekapitulasi penghitungan suara di KPU Malteng yang baru saja selesai. “ Setelah saya amati, ternyata hasil perhitungan suara di KPU ini tidak berbeda jauh dengan hasil yang dimiliki oleh enam pasangan saksi. Jadi selama ini ada yang menuding KPU Malteng itu tidak netral itu tidak benar. Tidak ada manipulasi suara seperti yang dituduhkan itu. Saya sangat salut dengan hasil kerja teman-teman KPU Malteng, mereka sangat mampu menunjukan profesionalitasnya,” puji Tatuhey.

Lanjut Tatuhey, setelah penghitungan suara ini kemudian akan dilanjutkan dengan menyusun Surat Keputusan KPU serta penandatanganan berita acara untuk mengesahkan hasil pleno ini. “ Saat ini berita acara itu sedang disusun. Pleno hari ini cukup berjalan lancar,”

Masih menurut Tatuhey, dengan perolehan hasil suara seperti itu, maka dengan resmi Pilkada Maluku Tengah berlangsung dalam dua putaran. “ Sesuai aturan yang berlaku maka pemungutan suara pada Pilkada tahap kedua itu akan berlangsung tanggal 30 Mei 2012 mendatang,” kata Tatuhey menutup pembicaraan dengan moluken.com.




No comments:

Post a Comment