Friday, April 13, 2012

Awas! Penipuan Survei Berkedok Pinterest

Pinterest adalah situs jejaring sosial terbaru yang mulai maraup popularitas di kalangan pengguna internet. Lewat Pinterest, pengguna dapat membuat sendiri 'papan iklan' semenarik mungkin tentang hal-hal yang mereka suka.

Pengguna dapat mengkopi alias 're-pin' gambar serta video yang diposting oleh pengguna lainnya, sehingga mereka dapat mengambil gambar dari berbagai sumber situs maupun YouTube.


Hanya saja, menurut laporan perusahaan keamanan Trend Micro, penjahat cyber telah melihat peluang penipuan dari mulai melonjaknya popularitas Pinterest. Contohnya seperti gambar di bawah ini yang terus-menerus tampil di halaman depan sebuah website.
 

Seperti gambar logo Starbucks yang menyatakan bahwa kedai kopi ternama itu siap memberikan kartu hadiah gratis bagi semua pengguna Pinterest. Pengguna kemudian diminta untuk mengunjungi situs tertentu untuk kemudian menukarkan kartu hadiah tersebut.

                                     

Trik yang dilakukan ini dengan serta merta diikuti pula oleh logo merk lainnya, seperti gambar pelatih brand tas premium di bawah yang akan memberikan dompet secara gratis kepada penggunanya jika Anda mengunjungi salah satu situs tertentu.

 
Jika Anda melakukan perintah yang diberikan untuk mengunjungi salah satu dari dua situs yang diberikan, maka Anda akan diarahkan untuk kembali ke situs pertama. Situs survei seperti http:// BLOCKED} rmodules.com, menurut Trend Micro, perlu dicatat sebagai salah satu situs penipuan survei yang marak belakangan ini.

"Trik ini telah beberapa kali diterapkan pada beberapa situs media sosial dan pelaku sengaja menggunakan nama merek maupun brand ternama untuk menyakinkan korbannya untuk melihat situs tertentu tersebut. Kami pun sudah memblokir semua URL yang berhubungan dengan penipuan ini," pungkas Trend Micro.









No comments:

Post a Comment