Thursday, February 21, 2013

SD Negeri 2 Ambon Raih Penghargaan Green School

Aga Khan, Aga Khan Awards for Architecture, Aga Khan Awards, The Green School, Indonesia, Bamboo, Bambu, Bali, School, Sustainable school, eco school, renewable materials, green materials, eco architecture, green building, green design, eco design, sustainable building
Ilustrasi : Green School

Ambon - Kepedulian terhadap lingkungan yang bersih dan hijau selalu menjadi perhatian Sekolah Dasar Negeri 2 Kecamatan Sirimau Kota Ambon. atas kepeduliannya tersebut maka, sekolah ini berhasil meraih penghargaan Green School (sekolah Hijau) tingkat nasional.

Kepala SDN 2 Ambon  Elisabeth Radjawane, saat ditemui Siwalima di ruang kerjanya Selasa (19/2) menjelaskan, kepedulian terhadap lingkungan bersih ini pihaknya sudah melakukannya dari tahun  2002-2003 dan sudah diverifikasi ditingkat nasional.

“Sekolah ini mulai membenahi diri untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan untuk kepedulian terhadap lingkungan terutama anak ramah terhadap guru sehingga anak dilatih secara perlahan untuk mengerti dan memahami bagaimana tentang lingkungan bersih,” ungkapnya.

Menurutnya, karena di tahun 1999 keadaan Kota Ambon sangat kotor akibat pasca konflik Maluku sehing­ga SDN 2 Ambon lebih mengutamakan kebersihan lingkungan, walaupun dengan kondisi lingkungan sekolah yang kecil namun para siswa di bina secara terampil sehingga bisa mengerti dan menjadi pioner bagi orang tua, dan bisa menegur orang lain untuk selalu mencintai lingkungan yang bersih.

Di tahun 2005 SDN 2 Ambon terpilih sebagai sekolah teknologi dasar. sehingga sekolah ini membuat pameran sekolah berbudaya lingkungan dan sampai saat ini pihaknya telah melakukan pameran tentang lingkungan hidup yang kelima. “Tujuannya supaya para siswa di perhadapkan langsung  dan mereka juga bisa menjaring masyarakat lebih banyak untuk mau melihat lingkungan bersih walaupun sederhana tapi melibatkan banyak orang dan juga sekolah-sekolah lain,” tandasnya.

Ditambahkan, jika para siswa peduli terhadap lingkungan berarti bukan saja di sekolah namun di tengah-tengah masyarakat para siswa ini juga bisa berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang asri. (Mg-2)

Sumber : siwalimanews.com

No comments:

Post a Comment