Saturday, February 23, 2013

Bangun Madrasah Berkualitas Di Maluku


Kakanwil Kemenag Maluku, Drs. H. Mahyudin Latuconsina
AMBON - Sekolah Madrasah memiliki andil yang cukup besar dalam rangka menciptakan generasi berkualitas. Untuk itu pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku akan berupaya memperhatikan dan meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan yang selama ini dinilai sebagai kelas dua menjadi yang terbaik dan unggul atau setidaknnya sama dengan pendidikan umum. Demikian penjelasan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Drs.H Mahyuddin Latuconsina, seperti dikutip dari RadarAmbon.co, senin (18/02-2013).


Menurut Latuconsina program peningkatan kualitan yang dimaksud meliputi peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan berbasis keagamaman yang bermutu. Perintisan pendidikan berbasis keagamaan bertaraf internasional, peningkatan mutu dan daya saing tenaga kependidikan, peningkatan mutu pendidikan agama di sekolah. peningkatan profesionalitas dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan; dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan baik dijenjang Raudhatul Athfal, Madrasah pendidikan agama dan pendidikan keagamaan.

Kakanwil mengatakan secara umum pendidikan di Maluku, masih jauh tertinggal dengan daerah-daerah lain Indonesia yang telah mengalami kemajuan. Untuk itu pengambil kebijakan pada bidang pendidikan baik pemerintah daerah dan Kemenag Maluku, harus memiliki visi secara universal untuk membangkitkan pendidikan baik di sekolah umum agama baik negeri maupun swasta." Kita masih tertinggal untuk itu kedepan seluruh elemen masyarakat di daerah ini, harus bersama-sama menanamkan tekad untuk bangkit, mengejar ketertinggalan dengan melahirkan anak-anak bangsa di Maluku yang memiliki kualitas diberbagai bidang," ujar Latuconsina.

Dijelaskan, Kemenag Maluku akan memberikan perhatian dengan menyediakan sarana penunjang pembelajaran di madrasah, ketersediaan guru sebagai tenaga pendidik dan faslitas pendidikan di madrasah akan mendorong pengembangan dan kemajuan pendidikan dilembaga itu sendiri." Untuk itu beberapa waktu lalu dalam kunjungan saya baik di kota Ambon sampai ke daerah, saya melihat kendala yang dihadapi oleh pihak madrasah, saya tidak berjanji tapi saya menerima semua permintaan para pengelola pendidikan di madrasah itu, mulai dari ketersediaan tenaga guru dan fasilitas pendidikan, permintaan ini harus diperhatikan dan kami akan upayakan agar kedepan bisa terpenuhi," tutur Latuconsina. (ASA)

Sumber : radarambon.co

No comments:

Post a Comment