Thursday, April 18, 2013

Rahasia di Balik Punuk Unta


Unta hewan khas padang pasir
Tahukah anda apa sebenarnya yang berada di dalam punuk unta? Bagi yang belum tahu apa isinya silahkan deh dilanjutin baca artikel ini.

Unta adalah hewan yang hidup di daerah padang pasir.  Kemampuannya untuk dapat bertahan hidup di dalam cuaca ekstrim di gurun ternyata dipengaruhi oleh punuk yang ada pada unta tersebut.


Banyak yang mengira punuk unta berisi air, padahal punuk unta sebagian besar berisi lemak. Bukan hanya lemak ada juga kandungan karbohidrat dan nutrisi lainnya. 

Singkatnya, punuk unta berisi cadangan makanan untuk keperluan si unta tersebut apabila sedang bepergian jauh dan tidak memperoleh makanan dan minuman. Sehingga, besar kecilnya nutrisi dalam punuk unta bergantung dari tempat tinggal dan jenis unta itu sendiri.

Dari punuknya ini kita bisa mengetahui seberapa lama si unta tidak makan dan tidak minum. Jika unta tersebut lama tidak makan dan tidak minum maka punuknya akan semakin mengecil sampai akhirnya tidak ada. Sebaliknya, jika mereka makan dan minum banyak maka punuknya semakin membesar.

Punuk unta berjumlah satu sampai tiga, bergantung dari jenis untanya. Unta baktria atau Camelus bactrianus mempunyai punuk dua sampai tiga. panjang tubuhnya sekitar 2,2 m- 3 m sedangkan tinggi tubuh sampai bahu sekitar 1,9 m lebih kecil dari unta arab. Biasanya unta jenis ini hidup di Asia Tengah.

Sumber : merdeka.com

No comments:

Post a Comment