Thursday, February 28, 2013

Pohon Pisang Aneh Tumbuh di Pekarangan Warga Kota Ambon

Pohon pisang aneh yang tumbuh pada pekarangan 
keluarga Thenu di kelurahan Ahusen kota Ambon.

AMBON – Aneh bin ajaib. Setelah kemunculan fenomena awan berwarna yang menggemparkan warga Kota Ambon belum lama ini, kini muncul lagi fenomena pohon pisang aneh. 

Kemunculan fenomena yang satu ini bikin orang terus bertanya misteri apa lagi yang bakal terjadi di kota julukan Ambon manise ini. 

Bagaimana tidak, pohon pisang Abu-abu (sebutan orang Ambon) atau pisang Nipah, Musa acuminata balbisiana cultivars (BBBc), dengan ketinggian sekitar 3 meter yang ada di pekarangan rumah milik oma Tin Thenu, seorang warga RT.003/03, Kelurahan Ahusen - Ambon ini, terdapat sebuah tunas (jantung pisang) yang tumbuh tidak normal seperti pohon pisang pada umumnya.

Pada bagian tengah tubuh pohon pisang itu, sekitar 1 meter lebih dari permukaan tanah, terdapat jantung pisang yang keluar dari perut pohon itu, padahal tunas baru pada pohon pisang abu-abu, biasanya tumbuh pada bagian ujungnya.

“Ini merupakan kejadian aneh yang baru pernah saya lihat selama ini, karena biasanya tunas baru pada pohon pisang abu-abu berada tepatnya di ujung pohon,” ujar Santos Ongirwalu, Guru SMA Kristen Ambon ketika menunjukkan lokasi keberadaan pisang aneh ini kepada Berita Maluku.com, Kamis (28/2). 

Oma Tin Thenu, pemilik pohon pisang ketika ditemui, mengaku, kemunculan fenomena pohon aneh ini sekitar dua hari lalu. Kata dia, tidak ada tanda-tanda aneh mengiringi kemunculannya. 

Namun dia begitu kaget ketika sekitar pukul 7 malam, didapati jantung pisang keluar dari bagian tengah pohon setelah dia mengitari pekarangan rumahnya.

“Ini pisang ajaib, sebab sudah tujuh puluh tahun lebih saya belum pernah lihat jantung pisang keluar dari tengah pohon pisang. Saya tak tahu ini pertanda apa,” ujarnya. 

Awalnya, perempuan tua yang tinggal sebatang kara ini mengaku setelah mendapati pemandangan pohon aneh tersebut, dia enggan memberitahukan kepada warga sekitar, namun lantaran lokasi pekarangan rumahnya terbuka, dan terletak di belakang SMA Kristen Ambon sehingga keberadaan pohon pisang aneh ini cepat diketahui dan menjadi pembicaraan hangat warga setempat.

Sumber : http://www.beritamaluku.com

No comments:

Post a Comment