Sunday, October 21, 2012

Talaga Kodok akan Dijadikan Kawasan Agrowisata


Ilustrasi : Agro wisata
Ambon : Areal balai benih tanaman holtikultura yang terletak di Kawasan Talaga Kodok, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah pada tahun 2013 mendatang ditargetkan akan dijadikan sebuah lokasi agrowisata (wisata pertanian). Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Suryadi Sabirin kepada wartawan di sela-sela kunjunganya di areal balai benih, Sabtu (20/10), siang.

Menurut Sabirin, kawasan pertanian yang luasnya sekitar 15 hektar ini, sangat mendukung untuk di dirong menjadi Agrowisata, kawasan penilitian para pelajar dan mahasiswa dan tempat rekreasi yang bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Maluku. Banyaknya jenis sayuran dan buah-buahan dan indahnya pemandangan di lokasi ini tentu sangat menarik perhatian masyarakat untuk mau mengunjungi wilayah pertanian ini.

“Areal balai benih ini selain menghasilkan berbagai jenis buah dan sayuran, lokasinya akan dijadikan sebagai media penilitian bagi para siswa SMK dan mahasiswa dari pertanian. Selain itu areal ini juga kami akan fungsikan sebagi areal wisata dengan membangun beberapa sarana penujang antara lain water boom guna menunjang PAD kita,” kata Sabirin optimis.

Lanjutnya, untuk mencapai target itu, saat ini dirinya turun langsung ke lapangan untuk memantau para pekerja mempersiapkan fasilitas berupa penatan lahan, proses pembibitan buah dan sayuran serta sarana irigasi (pengairan)

Dinas pertanian juga sudah mengusulkan anggaran dari APBN dan APBD senilai 700 juta rupiah untuk menunjang dan mewujudkan program ini. “ Saya juga mempersilahkan para investor yang berminat menanamkan modalnya pada kawasan agragrowisata ini. (Tiar)

Sumber : http://www.moluken.com

No comments:

Post a Comment