Saturday, October 6, 2012

Bloodhound SSC, Mobil Supersonik Pertama

Ilustrasi
MOBIL dengan kecepatan supersonik ternyata bukan merupakan suatu yang mustahil lagi. Kini ada Bloodhound SSC yang sanggup menempuh 1.000 mil/jam. 

Kecepatan yang melebihi lari peluru itu sekaligus mengalahkan rekor kecepatan darat yang pernah ada. 

"Itu merupakan penggabungan teknologi Formula Satu, militer, pertahanan, dan roket," kata Pio Szyjanowicz dari Cosworth, perusahaan pencipta sistem kontrol Bloodhound dan mesin Formula One. 


Selain itu, mobil yang meluncur melebihi suara itu menjadi mungkin karena tidak menggunakan ban dari karet. Mobil roket ini menggunakan roda aluminium yang dapat menyerap 50.000 kali gaya gravitasi. 

Menurut Andy Green yang didaulat untuk menguji kecepatan mobil ini, Rabu (3/10), kecepatan mobil melebihi pesawat tempur jenis F-18 US Air Force Hornet. 

Sayangnya, pria yang juga merupakan pilot pesawat tempur Inggris itu mengatakan untuk operasinya Bloodhound membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya yaitu sekitar 1 ton peroksida tinggi per 20 detik. 

"Anda tidak merasakan kecepatannya. Anda merasakan akselerasinya seperti naik roller coaster," urainya. (ABC News/*/OL-5)

Sumber : http://mediaindonesia.com

No comments:

Post a Comment