Saturday, September 15, 2012

Hari ini, Presiden Buka Sail Morotai 2012


Hari ini, Presiden Buka Sail Morotai 2012
moluken.com
Suasana kemeriahan saat pembukaan Sail Morotai 2012

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono, dijadwalkan hari ini meresmikan Sail Morotai 2012 yang diselenggarakan di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada Sabtu (15/9).

Menurut siaran pers Sekretariat Kabinet, Presiden SBY dan rombongan dijadwalkan berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada pukul 10.00, WIT, Jumat, kemarin. Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan sebelumnya Presiden Yudhoyono akan lebih dulu transit di Manado, untuk kemudian mendengarkan kemajuan pembangunan di Maluku Utara oleh Gubernur Maluku Utara.

Sejumlah Duta Besar negara sahabat di antaranya Amerika Serikat (AS), Australia dan Jepang akan menghadiri acara puncak penyelenggaraan Sail Morotai. Selain itu, sekitar 5000 tamu, undangan, dan wisatawan juga diperkirakan akan hadir, termasuk di antaranya yang datang menggunakan kapal layar yang tergabung dalam Yatch Rally.

Presiden SBY akan meresmikan museum Perang Dunia II yang dibangun untuk mengenang Morotai sebagai pangkalan Sekutu pada Perang Dunia II. Dengan luas 1.800 kilometer persegi, Pulau Morotai mempunyai peran penting menjadi markas pasukan sekutu yang berhasil melumpuhkan Jepang. Jenderal MacArthur yang memimpin pasukan sekutu memilih Pulau Morotai karena posisinya sangat dekat dengan Filipina dan berada di sisi Samudera Pasifik.

Morotai, merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia, dengan status kabupaten definitif baru yang terletak di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku. (L6)

No comments:

Post a Comment