Saturday, September 8, 2012

Nuansa Adat Warnai Upacara HUT Kota Ambon


siwalimanews.com
Tarian Sahureka-reka yang ditampilkan oleh pelajar SD kota Ambon saat 
Upacara Peringatan HUT Kota Ambon ke-437 (7/9-2012) di Lapangan 
Merdeka Ambon
Ambon - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke-437, yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon di Lapangan Merdeka, Jumat (7/9) berlangsung dalam nuansa adat dan budaya.

Betapa tidak, dengan mengusung tema sentral “Arika Benahi Ambon”, upacara kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Terbukti, para peserta maupun tamu undangan yang hadir, seluruhnya menggunakan pakaian adat Ambon.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy yang menjadi inspektur upacara menggunakan pakaian adat Upulatu Kota Ambon. Begitu juga dengan pemimpin upacara yang dipercayakan kepada Mayor Inf Jocky Pesulima. Pesulima sebagai juga menggunakan pakaian adat sebagai Kapitan.

Walikota Darwin, Katrina Fong Lim, Gubernur Maluku KA Ralahalu dan sejumlah pejabat sipil dan militer di daerah ini juga hadir dalam upacara tersebut.

Saat rombongan hendak memasuki tribun Lapangan Merdeka, mereka disambut dengan meriah lewat tarian Sawat diiringi alunan musik hadrat. Kendati peringatan HUT Kota Ambon diguyur hujan, namun tak menyurutkan semangat para peserta upacara yang berada di tengah Lapangan Merdeka untuk tetap mengikuti jalannya pelaksanaan upacara tersebut.

Upacara ini diawali dengan arak-arakan pataka Kota Ambon diiringi tarian Cakalele yang selanjutnya diserahkan kepada Upulatu Kota Ambon yang diiringi tarian Cakalele.

Saat upacara ini juga diserahkan KTP Elektronik (E-KTP) secara simbolis oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada Gubernur Maluku KA Ralahalu.

Selain penyerahan E-KTP, pada upacara tersebut, Gubernur Maluku KA Ralahalu juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada siswa SMAN Siwalima Ambon Christ Daniel Soselisa yang berhasil meraih juara pertama Lomba Menulis Surat Remaja Tingkat Nasional Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan peraih penghargaan khusus pada Lomba Menulis Surat Remaja Internasional Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Universal Postal Union (UPU) atau Perhimpunan Pos Sedunia.

Tak hanya itu, dalam upacara tersebut juga dilakukan pelantikan 120 orang kewang lingkungan hidup, yang akan bertugas di sejumlah lokasi wisata dan budaya sejak pagi hingga malam hari dengan menggunakan pakaian kewang resmi. Di penghujung upacara tersebut juga digelar tarian Dansa Tali dan Saureka-Reka dari siswa SD se-Kota Ambon. (S-34)



No comments:

Post a Comment