Saturday, September 15, 2012

Demonstrasi "Innocence of Muslim" Telan Empat Nyawa

Demonstrasi "Innocence of Muslim" Telan Empat Nyawa
liputan6.com
Aksi demonstrasi di Kedubes Amerika di kota Sana'a.  Aksi 
ini dilakukan sebagai protes atas peluncuran film "Innocence
of Muslim" yang memojokkan Nabi Muhammad SAW.

Sana'a: Film "Innocence of Muslim" yang memojokan Nabi Muhammad SAW masih terus menuai protes di Timur Tengah. Film kontroversial itu membuat Kedutaan Besar Amerika Serikat menjadi incaran aksi massa. Media RT-News mewartakan, Jumat (14/9), ratusan orang melakukan aksi massa di Kedutaan Besar AS di Ibu Kota Yaman, Sana'a.
Demonstran yang merasa marah atas peluncuran film tersebut mencoba menerobos masuk gedung kedutaan. Pasukan keamanan terpaksa mengeluarkan tembakan ke arah massa yang mengakibatkan empat orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

Bentrokan juga masih terus terjadi di Mesir. Dalam bentrokan di depan Kedutaan AS di Mesir, Kairo, ratusan demonstran dilaporkan terluka [baca: Protes "Innocence of Muslims," Ratusan Pendemo Terluka]. 

Demo serupa juga terjadi di Libanon. Aksi massa itu dilakukan dengan melakukan pembakaran bendera AS dan Israel. Mereka juga meneriakan yel-yel, "Kebebasan Bukan Berarti Menghina Agama lain."

Di Iran, ratusan warga ikut serta dalam unjuk rasa yang dilakukan di depan Kedutaan Besar Swiss yang merupakan perwakilan pemerintah AS. Swiss sebagai negara yang mewakili AS di Iran sejak hubungan kedua negara tersebut putus pada 1979 silam. Pengunjuk rasa merasa kecewa dengan sikap AS. Mereka juga merasa telah dilecehkan dengan pembuatan film tersebut. (FRD)

No comments:

Post a Comment