Wednesday, May 22, 2013

PMI Gandeng PT Pos Ambon Gelar Lomba Menulis Surat dan Kartu Pos


Ilustrasi : Perangko dan Kartu Pos
AMBON -  Sebanyak 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Ambon mengikuti aksi menulis surat dan kartu pos dengan menggunakan perangko amal seri 150 tahun Palang Merah Internasional (ICRC).

Kegiatan yang di selenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) dan PT Pos Indonesia Ambon ini dalam rangka memperingati 150 tahun berdirinya Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross) pada 8 Mei 1873, kata Ketua PMI cabang Ambon Ny Ona Hukom, Selasa (21/5).

"Kegiatan aksi menulis surat dan kartu pos diikuti 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Ambon dalam rangka memperingati 150 tahun berdirinya Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross) pada 8 Mei 1873," kata Hukom.

Menurut dia, aksi menulis surat dilakukan di 33 provinsi di Indonesia melibatkan Palang Merah Remaja (PMR), relawan PMI dan masyarakat umum.

"PMR dan masyarakat menulis surat dan kartu pos dan mengirimkan kepada sahabat, keluarga maupun relawan PMI di seluruh Indonesia menggunakan perangko amal seri dan kartu pos," katanya.

Ona mengatakan kegiatan menulis surat merupakan program kemanusiaan serta promosi gemar menulis surat.

"Diharapkan tugas palang merah dalam menolong kemanusiaan dapat menular kepada orang lain sehingga bersama membantu pemerintah dalam bidang pelayanan, serta menanamkan dan menanamkan semangat kemanusiaan di tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Ambon Daniel Uneputty mengatakan penerbitan Prangko Amal 150 Tahun Palang Merah Internasional ini merupakan wujud nyata komitmen PT Pos Indonesia dalam mendukung segala bentuk aktivitas kemanusiaan.

"Kami percaya dengan sepak terjang Palang Merah Internasional yang selama ini mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat luas," katanya.

Ia menjelaskan PT Pos Indonesia menerbitkan Prangko amal ini dalam dua keping prangko, latar belakang prangko ini adalah wajah Jean Henry Dunant dan Aktivitas Tanggap Penanggulangan Bencana.

Perangko dijual dengan harga Rp3.000 termasuk donasi prangko amal.Penerbitan Prangko amal tersebut juga menerbitkan Sampul Hari Pertama (SHP) dengan harga Rp8.500.

"Gambar latar belakang SHP adalah Aktivitas Tanggap Penanggulangan Bencana, PT Pos menjual SHP ini dengan harga Rp8.500. Seluruh Prangko dan dicetak oleh Perum Peruri," ujarnya.

Daniel menambahkan prangko amal seri 150 Tahun Palang Merah Internasonal melengkapi koleksi penerbitan prangko bertema Palang Merah yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia.

"Hal ini bertujuan agar para filatelis dapat menambah materi menarik tentang tema kemanusiaan di Indonesia," katanya. (ant/bm 10)

Sumber : beritamaluku.com

No comments:

Post a Comment