Thursday, September 12, 2013

Daftar Negara yang Telah Lolos Piala Dunia 2014

Logo Piala Dunia 2014 Brazil

Kualifikasi Piala Dunia Brazil 2014 hampir memasuki akhir putaran. Babak kualifikasi yang digelar dari setahun yang lalu ini.

Setidaknya telah menunjukkan hasil dengan lolosnya peserta yang akan bertarung di putaran final Piala Dunia 2014 yang akan digelar 12 Juni - 13 Juli 2014 mendatang.

Perebutan 32 tempat untuk mengisi 8 grup pada putaran final nanti masih dikuasai oleh kekuatan-kekuatan sepakbola dunia.


Disamping Brazil yang telah merebut 3 kali gelar juara, setidaknya ada dominasi Jepang dan Korea Selatan dari zona Asia. Italia dan Belanda dari zona Eropa, Amerika Serikat dari zona Amerika Utara dan Tengah serta juara Dunia 2 kali Argentina yang menjadi langganan perhelatan sepakbola terakbar ini.

Berikut daftar negara yang telah merebut tiket Piala Dunia Brazil 2014.

  1. Brazil (lolos otomatis sebagai tuan rumah)
  2. Jepang (wakil Asia)
  3. Korea Selatan (wakil Asia)
  4. Australia (wakil Asia)
  5. Iran (wakil Asia)
  6. Belanda (wakil Eropa)
  7. Italia (wakil Eropa)
  8. Amerika Serikat (wakil Amerika Utara dan Tengah)
  9. Kostarika (wakil Amerka Utara dan Tengah)
  10. Argentina (wakil Amerika Selatan)

Dengan baru terisinya 10 peserta, tentunya masih tersedia 22 peserta lagi yang akan mengisi formasi peserta Piala Dunia Brazil 2014.

Dari Zona Amerika Selatan yang menyediakan 4 atau 5 jatah masih tersedia 3 atau 4 jatah.  Zona Eropa masih 11 jatah, zona Amerika Utara dan Tengah tinggal 2 atau 3 jatah. 

Zona Afrika masih 5 jatah tersisa karena belum ada satupun negara yang lolos dari zona ini.  Zona Asia hanya tinggal 1 melalui babak play-off lawan juara zona Oceania serta zona Oceania yang mungkin akan meloloskan 1 peserta melalui babak play-off melawan urutan 5 zona Asia.

No comments:

Post a Comment