Wednesday, April 17, 2013

Peningkatan Pertumbuhan Malware Perangkat Mobile Capai 200 Persen


Ilustrasi : Malware
Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, ternyata juga dibarengi dengan peningkatan jumlah malware untuk perangkat mobile.

Menurut penelitian NQ Mobile, dari tahun ke tahun jumlah malware untuk perangkat mobile terus mengalami peningkatan. Jumlah tersebut meningkat pesat di tahun 2012 lalu.

Dalam penelitiannya, seperti dikutip dari Tech Crunch (15/04), banyak varian baru yang muncul dan sebagian besar diciptakan untuk menginfeksi perangkat berbasis Android.

NQ Mobile menjelaskan bahwa di tahun 2012 lalu, terdapat sekitar 32,8 juta perangkat mobile yang terinfeksi malware atau dapat dibilang meningkat 200 persen dari tahun 2011.


Untuk tingkat negara, China menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan perangkat mobile terinfeksi malware terbanyak di dunia. Setelah China, India dan Rusia menduduki peringkat ke-2 dan 3.


Meningkatnya jumlah malware khususnya untuk perangkat berbasis Android ini dikarenakan sistem terbuka yang dibuat Google justru memancing para cybercriminal untuk lebih leluasa menyebarkan perangkap mereka di Google Play.

Walaupun dikatakan banyak malware diciptakan khusus untuk Android, namun tidak menutup kemungkinan perangkat mobile dengan operating system lain masih tetap aman. So, just beware.

Sumber : merdeka.com

No comments:

Post a Comment