Monday, April 15, 2013

Inilah 5 Vendor Komputer Terbesar Dunia

Ilustrasi.
Bisnis PC yang terdiri dari laptop maupun komputer desktop kabarnya tidak seseksi dulu. Konsumen mulai tergoda dengan tablet ataupun smartphone ketimbang membeli komputer anyar.

Biro riset IDC mencatat penurunan penjualan komputer sampai 14% di kuartal pertama 2013. Ini adalah tingkat penurunan paling tajam sejak pertama kali IDC meneliti pasar PC di tahun 1994.

Beberapa vendor komputer besar pun menderita penurunan penjualan yang cukup signifikan. Namun beruntung, mereka masih mampu menjual cukup banyak komputer, khususnya yang berada di posisi atas.

Siapa saja vendor komputer terbesar dunia menurut data terbaru yang dikeluarkan IDC? Simak dalam daftar berikut ini.

1. Hewlett Packard (HP)

Hewlett Packard (HP), vendor asal Amerika dengan produk
yang laris manis di pasaran.
HP mengapalkan 12 juta unit komputer pada akuartal I 2013 dengan market share 15,7%. Turun 23,7% dari tahun 2012 dalam periode waktu yang sama.

Vendor asal Amerika Serikat ini sudah cukup lama menjadi produsen komputer terbesar di dunia. Ditunjang dengan pemasaran merek Compaq yang juga milik mereka.

Namun ancaman dari Lenovo kian kentara. Jika tak waspada, boleh jadi HP segera disalip Lenovo dalam waktu dekat.

2. Lenovo

Lenovo, vendor asal China yang lagi naik daun.
Lenovo membukukan pengapalan 11,7 juta unit komputer PC dan pangsa pasar 15,3%. Jumlah pengapalan tersebut hampir sama dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Lenovo adalah satu-satunya produsen PC yang jumlah pengapalan perangkatnya tidak mengalami penurunan. Vendor asal China ini memang sedang naik daun.

Di industri smartphone, Lenovo juga mulai berkibar. Terutama di negara asalnya di mana mereka meraih pangsa pasar yang signifikan.

3. Dell

Dell, brand komputer terkenal asal Amerika yang didirikan 
oleh Michael Dell.
Dell mengapalkan sebanyak 9 juta unit komputer PC di kuartal 1 2013 dengan pangsa pasar 11,8%. Turun sebesar 10,9% dari tahun sebelumnya.

Vendor yang didirikan oleh Michael Dell ini memang sudah tidak sejaya dahulu. Mereka juga coba masuk ke pasar smartphone, namun tidak menuai sukses seperti yang diharapkan.

Belum lama ini, Dell memutuskan tidak memperjualkan sahamnya di lantai bursa. Dan akan dikelola sepenuhnya oleh Michael Dell.


4. Acer

Acer, salah satu merk PC terkenal yang coba merambah
bisnis Android dan Tablet.
Acer mengapalkan 6,2 juta unit laptop dan komputer di kuartal I 2013 dengan raihan market share 8,1%. Mereka menderita persentase penurunan cukup signifikan di angka 31,1%. 

Sama seperti vendor lainnya, Acer berupaya mengantisipasi peralihan konsumen ke tablet atau smartphone. Mereka punya lini tablet Android bernama Iconia dan juga tablet Windows.

Acer terjun pula ke industri smartphone. Meski belum terlampau sukses, smartphone Acer terus keluar model barunya secara konsisten.




5. Asus

Asus, salah satu merk PC Windows dan Android terkenal 
asal Taiwan.
Asus mengapalkan 4,4 juta unit komputer di kuartal I 2013 dengan pangsa pasar 5,7%. Produsen asal Taiwan ini mengalami penurunan penjualan 19,2% dibanding tahun sebelumnya.

Asus saat ini menjual laptop dan komputer berbasis Windows 8. Dan juga tablet PC Windows serta Android. Mereka baru saja merilis Asus MemoPad, tablet PC Android yang dibanderol murah.

Asus juga coba bikin terobosan dengan perangkat Android yang dinamakan Padfone. Ini adalah smartphone yang bisa disatukan dengan tablet PC.

Sumber : http://inet.detik.com

No comments:

Post a Comment