Sunday, April 14, 2013

97.851 Siswa di Maluku akan Ikut UN


Ilustrasi
Ambon - Sebanyak 97.851 siswa dari tingkat SD-SMA sederajat dan Program Paket A sampai C, yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Maluku, akan mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

Puluhan ribu peserta UN tersebut terdiri dari SD sederajat berjumlah 38.136 siswa, SMP 32.274 siswa dan SMA/SMK sederajat  27.441 siswa. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Maluku, Semmy Risambessy ke­pada wartawan di ruang rapat utama Kantor Dikpora, Kamis (11/4).

Ia menjelaskan, pelaksanaan UN di seluruh Indonesia termasuk di Maluku akan dimulai pada tingkatan pendidikan SMA/SMK sederajat dan Program Paket C  yang berlangsung 15-18 April mendatang.

Pelaksanaan UN untuk SMA/MA dan Paket C akan berlangsung pada 15 -18 April, sedangkan SMK hanya dua hari dari tanggal 15-17 April mendatang. Dari 27.441 siswa SMA/SMK sederajat yang akan mengikuti UN pada Senin mendatang, tersebar di seluruh Maluku masing-masing Kota Ambon 6.897 siswa, Tual 1.244 siswa, Maluku Tengah 5.983 siswa, Buru 1.786 siswa, Maluku Tenggara 1.859 siswa, Maluku Tenggara Barat (MTB) 2.436 siswa, Seram Bagian Timur (SBT) 1.619 siswa, Seram Bagian Barat (SBB) 2.782 siswa, Kepulauan Aru 1.255 siswa, Buru Selatan 841 siswa dan Maluku Barat Daya 791 siswa. “Untuk pelaksanaan UN SMP sederajat akan berlangsung pada 22 April sedangkan untuk SD sederajat 6 Mei 2013,” jelasnya.

Dikatakan, penyelenggaraan UN tahun ajaran 2012/2013 untuk SMA/MA dan SMK berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana ada sejumlah perbedaan meliputi masing-masing peserta dalam satu ruangan memiliki satu paket naskah soal yang berbeda. Kemudian program paket kesetaraan juga dilaksanakan secara bersamaan untuk sekolah regular dan peranan perguruan tinggi khususnya Universitas Pattimura (Unpatti) dalam hal pengawasan terus ditingkatkan.

“Bukan hanya itu peserta UN juga memiliki lembar soal yang disatukan dengan lembar jawaban  yang me­miliki kode berbeda-beda,” cetusnya.

Ia menandaskan, karena tingkat pelaksanaan UN sangat ketat dengan paket soal yang berbeda, maka para siswa diharapkan lebih fokus untuk belajar. Olehnya itu diharapkan  hasil UN kali ini di Maluku bukan hanya mengejar kuantitas, tetapi kualitas pendidikan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana UN Provinsi Maluku Andre Jamlay menjelaskan, naskah UN untuk SMA/SMK sederajat telah didistribusikan bagi 10 kabupaten.

“Yang kurang hanya Kota Ambon dan akan kita salurkan pada Sabtu nanti  sedangkan untuk lima keca­matan di Maluku Tengah (Malteng) yakni Salahutu, Leihitu, Haruku, Nusalaut dan Saparua pada hari ini (Jumat-red),” tegasnya.

Sementara untuk naskah soal SMP sederajat, Risambessy menambahkan, pihaknya telah mendistribu­sikan ke lima kabupaten yakni MBD, MTB, Aru, Kota Tual dan Maluku Tengah.

“Enam kabupaten sisa, akan didistribusikan  pada hari rabu pekan depan ,” terangnya.

Lebih lanjut kata Risambessy,  hasil UN untuk SMA/SMK sederajat dan SMP nantinya akan discaning  di Unpatti. (S-34)

Sumber : siwalimanews.com

No comments:

Post a Comment